Apa Itu Kereta New Generation Ekonomi? Ini Keunggulannya!

JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation di Stasiun Pasarsenen pada tanggal Selasa, 26 September.

Dilansir dari siaran pers KAI, peluncuran Kereta Ekonomi New Generation menjadi bagian dari rangkaian HUT ke-78 KAI dengan tema “Dengan Semangat Bersatu, Menuju KAI Baru, Untuk Indonesia Maju”.

Pada tahap pertama, kereta ini akan dioperasikan dalam KA Jayabaya dengan rute Pasarsenen – Malang pp.

Apa Itu Kereta Ekonomi New Generation dan Keunggulannya?

Kereta Ekonomi New Generation adalah hasil modifikasi yang dilakukan oleh KAI di Balai Yasa Manggarai.

Kini sudah ada 12 kereta ekonomi yang sudah sukses dimodifikasi di Balai Yasa Manggarai sejak April 2023.

Sebelumnya, kereta ekonomi memiliki 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan kursi saling berhadapan.

Sekarang, mereka sedang mengganti kursi menjadi kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 dan tidak ada kursi yang saling berhadapan.

BACA JUGA: GRATIS!, ini Link Pendaftaran Uji Coba Kereta Cepat Whoosh Tahap 2

Dalam inovasi terbarunya, KAI memperkenalkan kereta ini dengan 72 kursi, memberikan lebih banyak ruang kaki yang luas. Ini menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya.

Kemudian, kursi yang digunakan berjenis “captain seat” yang bisa meningkatkan kenyamanan penumpang dengan kemiringan yang dapat diatur (reclining) dan kursi yang bisa diatur menghadap ke arah sejalan dengan perjalanan KA atau berhadapan (revolving).

BACA JUGA: Jokowi Siapkan Tarif Diskon Kereta Cepat Jakarta-Bandung saat Diresmikan 1 Oktober

Tak hanya itu saja, interior kereta juga ditingkatkan dengan penambahan Public Information Display System (PIDS) yang menampilkan jam dan suhu, serta perbaikan pada toilet dengan nuansa yang mewah dan penambahan tempat ibadah di kereta restorasi.

Inovasi KAI ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi harapan masyarakat dengan meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi.

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan