Kedahsyatan Rukuk dan Sujud Dalam Sholat, Ternyata Bisa Bikin Dosa Berguguran

JABAR EKSPRES – Siapa yang masih tergesa-gesa saat sholat? sangat penting untuk mengetahui informasi berikut ini. Terutama gerakan rukuk dan sujud yang ternyata bisa menggugurkan dosa. Karenanya perlama gerakan tersebut agar semakin banyak dosa yang berguguran.

Dasar dari pernyataan tersebut pernah diriwayatkan oleh Abdullah bin  Umar radhiyallahu anhuma yang menyebut, Rasulullah shallallahu alahi wasallam bersabda:

“Sesungguhnya, tatkala seorang hamba berdiri shalat, didatangkanlah seluruh dosanya, kemudian diletakkan di atas kepala dan kedua bahunya, maka ketika ia (dalam posisi) ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut berguguran.”

Baca juga : Video Viral Lansia Sholat di Mesjid Sembari Membawa Tabung Oksigen

[HR. Ibnu Hibban no.1734, Thabrani dalam al Ausath 7314, al Mawarzi dalam ash Shalat 294, al Baghawi 656. Syaikh al Albani rahimahullah dalam ash Shahihah 1398, mengatakan: “وهذا إسناد صحيح رجاله كلهم ثقات” dan ini merupakan sanad yang shahih, seluruh perawinya dapat dipercaya”].

Jika selama ini yang banyak dianjurkan adalah memperlama sujud untuk memanjatkan doa kepada Allah, karena saat sujud merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Ternyata memperlama rukuk dan sujud juga memiliki manfaat lain, karena Allah sedang menggugurkan dosa-dosa yang pernah dilakukan manusia saat melakukan gerakan sholat tersebut.

Baca juga : Hukum Meninggalkan Sholat, Kewajiban yang Tidak Boleh di Lewatkan

Karenanya ada beberapa pelajaran yang bisa diambil dari pernyataan dalam hadits tersebut, yakni :

1. Jangan tergesa-gesa saat rukuk dan sujud
2. Perpanjang atau memperlama waktu rukuk dan sujud semampumu
3. Jangan sampai menyia-yiakan kesempatan berharga ini agar dosa-dosamu berguguran.
4. Menjadi sebab berkurangnya dosa karena mendapat pengampunan dari Allah.

Perintah untuk memperlama waktu sujud dan rukuk, juga dijelaskan dalam Alquran sebagai berikut :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ ۚ۩

Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kalian, sujudlah kalian, sembahlah Tuhan kalian dan perbuatlah kebajikan, supaya kalian mendapat kemenangan
Al Hajj:77

Karenanya mulai sekarang, jangan terburu-buru untuk mengakhiri Sholat, karena disetiap gerakan dan bacaan sholat memberikan banyak manfaat untuk manusia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan