Kenali Penyebab Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano, Begini Cara Mencegahnya

JABAR EKSPRES – Penyanyi Vidi Aldiano secara mengejutkan mengumumkan bahwa penyakit kanker ginjal yang pernah dideritanya ternyata telah menyebar. Akibatnya pelantun lagu ‘Status Palsu’ itu harus kembali menjalani perawatan intensif rutin yang tak boleh tertinggal.

Penyakit Kanker ginjal, dilansir dari laman Alodokter merupakan kondisi ketika sel-sel di ginjal tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali.

Penyakit ini biasanya menyerang orang usia di atas 60 tahun, sehingga ketika Vidi Aldiano mengaku mengidap penyakit ini, banyak yang tidak mempercayainya.

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring sisa metabolisme dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine. Selain itu, ginjal juga memproduksi enzim renin sebagai pengendali tekanan darah dan hormon eritropoietin yang berfungsi dalam pembentukan sel darah merah.

Baca juga : Manfaat Buah Semangka Dapat Menurunkan Risiko Kanker dan Mendukung Fungsi Ginjal!

Penyebab Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah jenis kanker yang berkembang di dalam jaringan ginjal. Bagaimana kanker ini bisa menyerang ginjal, meski penyebab pasti kanker ginjal belum sepenuhnya dipahami, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker ginjal, diantaranya :

1. Merokok

Merokok adalah faktor risiko utama untuk kanker ginjal. Produk kimia dalam rokok dapat memengaruhi fungsi ginjal.

2. Faktor Genetik

Beberapa kasus kanker ginjal memiliki komponen genetik. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker ginjal, risiko Anda mungkin lebih tinggi.

3. Obesitas

Orang yang obesitas atau overweight memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ginjal.

4. Hipertensi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

5. Paparan Terhadap Bahan Kimia Berbahaya

Paparan jangka panjang terhadap bahan kimia tertentu di tempat kerja atau lingkungan dapat meningkatkan risiko kanker ginjal.

Baca juga: Beri Harapan Penderita Gagal Ginjal dan Kanker

Gejala Kanker Ginjal

Kanker ginjal pada tahap awal mungkin tidak menunjukkan gejala. Gejala kanker ginjal yang umum adalah:

1. Darah dalam Urine (Hematuria)

Ini adalah gejala yang sering terlihat pertama kali. Urine mungkin tampak berwarna merah atau coklat karena adanya darah.

2. Nyeri di Area Ginjal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan