Museum Nasional Indonesia Alami Kebakaran: Berapa Banyak Isi dalam Museum?

JABAR EKSPRES – Museum Nasional Indonesia mengalami kejadian tragis ketika api melalap Gedung A dan sebuah bedeng pekerja pada Sabtu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Beruntung, kebakaran berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar satu jam setelahnya.

Kebakaran ini diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik yang berasal dari bedeng proyek renovasi. Akibatnya, museum nasional tersebut akan ditutup sementara untuk umum, dan belum ada informasi kapan museum akan dibuka kembali.

Mendikbudristek Nadiem Makarim telah menjelaskan bahwa prioritas utamanya saat ini adalah menyelamatkan benda-benda bersejarah yang berada di dalam museum. Ia akan membentuk tim gabungan yang terdiri dari pihak museum, pakar museum, aparat kepolisian, dan pemadam kebakaran untuk mengidentifikasi kerusakan serta mengamankan koleksi bersejarah yang ada di dalamnya. Pihak kepolisian juga akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Pendaftaran Seleksi CPNS 2023 Ternyata Ditunda!

Namun, mari kita lihat lebih dekat apa saja isi koleksi bersejarah yang ada di dalam Museum Nasional tersebut:

  1. Prasejarah: Koleksi ini mencakup berbagai jenis benda bersejarah seperti kendi, gelang, kapak, tas, kalung manik-manik, dan lukisan batu prasejarah.
  2. Arkeologi Masa Klasik (Hindu-Buddha): Di dalamnya terdapat arca-arca Buddha, kitab Jaa kuno seperti Kakawin Sutasoma, arca Ganesha, hingga replika pola kubur prasejarah di Bali.
  3. Numismatik dan Heraldik: Berisi kepingan emas Rupiah dari masa kolonial Belanda dan cetakan koin Kasha dari Aceh, Sumatera.
  4. Keramik: Koleksi ini mencakup berbagai jenis keramik, termasuk kendi Bulan Sabit dan piring dari Dinasti Ming abad ke-17.
  5. Etnografi: Berbagai artefak budaya seperti keris, gelang kuningan Aceh, peralatan debus, hingga mahkota Kesultanan Banten.
  6. Geografi: Merupakan koleksi yang mencakup replika kapal Pinisi, globe, kompas, dan peta selat.
  7. Sejarah: Berisi sejumlah benda bersejarah seperti Patung Raffles, peti, partisi ruangan dari kayu, tombak, dan pelana.

Museum Nasional Indonesia, yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, memiliki tiga gedung utama: Gedung A (gedung pameran), Gedung B (Gedung Arca dengan ruang pameran, kantor, laboratorium, dan perpustakaan), dan Gedung C (gedung penyimpanan koleksi bersejarah).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan