Mudah Dikonsumsi, Ketahui Manfaat Edamame Bagi Kesehatan!

JABAR EKSPRES –Kacang kedelai muda atau biasa disebut Edamame ini diketahui memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Edamame sendiri memiliki banyak nutrisi di dalamnya, diantaranya seperti karbohidrat, protein, zat besi, serat, fosfor, kalsium, seng, kalium, selenium, kolin, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, Lutein + zeaxanthin, dan beta karoten.

Mengonsumsinya, edamame ini biasa di konsumsi dalam keadaan mentah atau setelah direbus.

Berikut ini beberapa manfaat dari konsumsi kacang kedelai muda bagi kesehatan, diantanya:

Manfaat Konsumsi Edamame

  • Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Edamame merupakan sumber protein nabati yang kaya akan asam amino esensial. Ini dapat menjadi alternatif yang baik bagi orang yang membatasi konsumsi protein hewani.

  • Kaya Serat

Edamame mengandung serat makanan yang baik untuk pencernaan.

Serat dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi risiko sembelit, hingga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA: Miliki Kandungan Kurkumin, Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Tubuh!

  • Antioksidan

Edamame mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, serta senyawa seperti flavonoid dan fitokimia lainnya. Antioksidan bermanfaat dalam membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

  • Menurunkan Kolesterol

Kacang kedelai, termasuk edamame, diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Menyokong Kesehatan Jantung

Konsumsi edamame dapat mendukung kesehatan jantung karena kacang kedelai mengandung lemak sehat, serat, dan komponen lain yang dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Sumber Protein Dengan Kualitas Tinggi, Ketahui Manfaat Ikan Lele!

  • Manfaat untuk Wanita Menopause

Edamame mengandung fitoestrogen, yang bermanfaat dalam membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flash dan osteoporosis pada beberapa wanita.

  • Mendukung Berat Badan Sehat

Karena edamame rendah kalori dan tinggi protein, mereka dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat dan mendukung upaya penurunan berat badan.

  • Menyokong Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam edamame dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit, yang berkontribusi pada kulit yang sehat dan bercahaya.

Tinggalkan Balasan