Apa Itu E-Materai dan Untuk Dokumen Apa Saja di CPNS 2023?

JABAR EKSPRES –  E-materai dibutuhkan untuk salah satu dokumen tertentu yang menjadi persyaratan dalam pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.

Diketahui, tahun ini Perum Peruri menjadi penyedia yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyediakan e-materai.

Pada tahun sebelumnya, pelamar bisa membeli pada beberapa penyedia. Namun dikarenakan terdapat sejumlah kendala.

Jadi untuk tahun ini hanya disediakan oleh Peruri yang kini telah menyiapkan materai elektronik dalam sistem yang terintegrasi dengan sistem seleksi CASN 2023.

“Kita integrasi dengan pelayanan CASN, mulai dari masuk portal, kami menyediakan portal khusus untuk CASN ini dengan isolated environment dan dedicated terintegrasi ke portal SSCASN,” kata Farah Fitria Rahmayanti, Direktur Digital Business Peruri dikutip dari kanal YouTube #ASNPelayanPublik, Jumat (15/9/2023).

Apa Itu E-Materai?

Penggunaan e-materai untuk pendaftaran CASN 2023 dapat membantu instansi dalam proses seleksi administrasi yang lebih agile dan valid.

Dilansir dari laman E-Materai, Meterai elektronik (e-Meterai) adalah meterai yang digunakan untuk dokumen elektronik.Berdasarkan Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) pada Pasal 5 ayat (1) yang menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Sehingga, kedudukan dokumen elektronik disamakan dengan dokumen kertas.Hal tersebut membuat perlunya equal treatment antara dokumen kertas dengan elektronik.

BACA JUGA: 7 Dokumen Pendaftaran CPNS 2023, Ini Berkas yang Dibutuhkan

Dokumen Apa Saja yang Perlu E-Materai di Pendaftaran CPNS 2023?

Mengutip dari YouTube #ASNPelayanPublik. dalam proses pendaftaran CASN 2023, ada dua dokumen yang setidaknya harus diberi e-materai, salah satunya yaitu untuk surat pernyataan instansi dan surat lamaran peserta.

Untuk informasi mengenai cara pembelian dan pembubuhan e-materai untuk pendaftaran CASN 2o23, Anda dapat mengakses artikel berikut ini.

BACA JUGA: E-Materai CPNS 2023: Cara Beli, Harga, dan Pembubuhan di SSCASN

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan