7 Kerajinan Khas Sunda yang Unik Jadi Cinderamata

JABAR EKSPRES – Budaya Sunda yang berada di wilayah di Jawa Barat, sudah diakui dunia tentang keunikan dan kreatifitasnya. Salah satu peerwujudan budaya tersebut adalah dari aneka kerjainan tangan khas Sunda yang dimilihi hampir tiap daerah di Jawa Barat ini.

Sunda memiliki beragam kerajinan tangan yang khas, unik dan indah. Bahkan kreatifitas pelaku kerajinan juga terus berkembang dan meningkat. Hal ini yang membuat wisatawan selalu memburu kerajinan tangan para kreator khas Sunda ini.

Berbagai pernak pernik, souvenir dan aneka produk tradisional yang ada disetiap daerah di Jawa Barat ini selalu saja kebanjiran orderan.

Berikut sebagian kerajinan khas Sunda yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan, yang banyak memburunya untuk digunakan sebagai cindera mata.

1. Wayang Golek (Cianjur)

Wayang golek adalah boneka tradisional dari kayu yang digunakan dalam pertunjukan wayang golek. Cianjur terkenal dengan pengrajin wayang golek yang mahir.

Anda dapat mengunjungi sentra pengrajin wayang golek di daerah Cianjur untuk melihat proses pembuatan dan membeli wayang golek sebagai suvenir.

2. Batik Ciamis (Ciamis)

Ciamis terkenal dengan batik khasnya yang memiliki motif-motif unik, seperti motif naga dan burung. Anda dapat mengunjungi berbagai toko batik di Ciamis untuk membeli batik asli dari daerah ini.

3. Anyaman Bambu (Subang)

Subang adalah tempat pengrajin anyaman bambu yang terampil. Mereka membuat berbagai produk seperti tas, topi, keranjang, dan perabotan rumah tangga dari bambu.

Anda dapat mengunjungi desa-desa di Subang untuk melihat proses pembuatan dan membeli produk anyaman bambu.

4. Songket (Garut)

Songket adalah kain tradisional Indonesia yang dihiasi dengan benang emas atau perak. Garut adalah salah satu tempat terkenal di Jawa Barat untuk pembuatan songket.

Baca juga : Adaptasinya Perajin Ukiran Wayang Golek di Cileunyi

Kunjungi pasar atau toko khusus songket di Garut untuk melihat dan membeli kain songket yang cantik.

5. Tenun Baduy (Banten Raya)

Meskipun berada di luar wilayah Sunda, Tenun Baduy yang berasal dari suku Baduy di Banten Raya memiliki pengaruh besar di Sunda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan