Ketahui Beberapa Efek Samping Dari Diet Karbohidrat!

JABAR EKSPRES – Diet karbohidrat rendah atau sering disebut sebagai diet keto merupakan jenis diet yang mengurangi asupan karbohidrat dalam makanan, apa efek samping diet ini?

Diet karbohidrat ini memiliki dampak atau pengaruh bagi kesehatan, untuk mengetahuinya kamu bisa terus menyimak pembahasan di bawah ini.

Selain mengurangi asupan karbohidrat dalam makanan, diet ini juga meningkatkan konsumsi lemak dan protein.

Berikut ini beberapa dampak atau pengaruh yang dapat terjadi selama pelaksanaan diet karbohidrat rendah:

Efek Samping Diet Karbohidrat

  • Keto flu

Banyak orang mengalami apa yang disebut “keto flu” ketika mereka pertama kali memulai diet ini. Gejalanya termasuk sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, gangguan tidur, dan kebingungan. Ini disebabkan oleh perubahan metabolisme tubuh saat beralih dari menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi menjadi lemak.

BACA JUGA: Berikut Cara Menjaga Imun Tubuh Tetap Sehat & Terlindungi!

  • Kurangnya energi awal

Karena tubuh kamu harus beradaptasi dengan perubahan metabolisme, beberapa orang dapat merasa lemah dan kurang berenergi selama beberapa hari pertama atau minggu pertama diet.

  • Mengganggu kadar elektrolit

Diet keto dapat menyebabkan perubahan dalam keseimbangan elektrolit tubuh, terutama natrium, kalium, dan magnesium. Ini bisa menyebabkan gejala seperti kram otot, denyut jantung yang tidak teratur, dan kelelahan.

  • Penurunan berat badan yang cepat

Sementara ini adalah tujuan bagi banyak orang yang menjalani diet karbohidrat, penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat menyebabkan efek samping seperti batu empedu, pembentukan batu ginjal, dan penipisan rambut.

BACA JUGA: Selain Cocok Untuk Diet, Ketahui Manfaat Lain Tahu Bagi Kesehatan!

  • Konstipasi

Diet rendah karbohidrat bisa mengurangi asupan serat makanan, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi. Penting untuk memastikan kamu mendapatkan cukup serat dari sumber non-karbohidrat seperti sayuran hijau.

  • Gangguan tidur

Beberapa orang melaporkan gangguan tidur selama melakukan diet karbohidrat, mungkin karena perubahan metabolisme dan efek samping seperti kelelahan dan kebingungan.

  • Masalah kesehatan jangka panjang

Diet karbohidrat rendah dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti defisiensi nutrisi, gangguan ginjal, gangguan hati, dan masalah kesehatan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menjalani diet ini dalam jangka panjang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan