Kumpulan Doa Harian Yang Sering Dibaca Rosulullah Berdasarkan Hadits

JABAR EKSPRES – Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa Sallam sering kali memberikan teladan dalam setiap ucapan dan perbuatannya, salah satu yang paling sering beliau lakukan untuk ditiru umatnya adalah berdoa. Berikut kumpulan 13 doa harian yang dicontohkan Rosulullah untuk diikuti umatnya.

Kumpulan doa yang sehari-hari dibaca Rosulullah ini diambil dari beberapa hadits yang pernah meriwayatkannya, bahkan ada yang sampai membuatkan buku khusus.

Doa-doa ini sering di amalkan Rosulullah dalam kesehariannya, baik setelah sholat fardhu, disaat waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa dan saat terdesak untuk meminta pertolongan.

Hal ini terkait dengan keutamaan membaca doa, karena dengan berdoa, manusia bisa menunjukkan penghambaannya kepada Allah, sekaligus sebagai bukti rasa syukur.

Baca juga : Hujan Jarang Turun? Amalkan Doa Meminta Hujan Turun Ini!

Doa juga bisa menjadi penguat bagi manusia, karena dengan berdoa, manusia bisa menyampaikan segala keluh kesahnya dan meminta pertolongan hanya kepada Allah.

Karenanya, beberapa doa ini sebaiknya dihafalkan agar mudah dalam mengamalkannya kelak. Berikut 12 doa  yang sering dibaca Rosulullah yang bisa kamu ikuti mengamalkannya agar semakin dekat dengan Allah.

1. Doa Ditetapkan hati dalam Iman

اَللَّهُمَّ يا مُصَرِّفَ الْقُلُوْبِ، صَرِّفْ قُلُوْبَنَا عَلَى دِينِكَ

“Ya Allah yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamaMu.”
(HR. Muslim 2654)

2. Doa Ampunan dalam segala hal

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

“Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. (HR. Bukhari 6398 dan Muslim 2719).

Baca juga : Kenapa Kita Wajib Membaca Doa Sebelum Makan ? Simak Penjelasnya Disini

3. Doa Mohon Diperbaiki Segala Urusan

اَللَّـهُـَّم أَصْلِحْ لِي دِينِي الّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الّتِي فِيهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الّتِي فِيهَا مَعَادِي، وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ، وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Ya Allah mohon kebaikan pada urusan agamaku karena itu adalah penjaga semua urusanku. Aku mohon kebaikan pada urusan duniaku karena itu tempat hidupku. Aku mohon kebaikan pada urusan akhiratku karena itu tempat kembaliku. Jadikanlah hidup ini tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematianku waktu istirahat bagiku dari segala keburukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan