Menpora Wakili Presiden Untuk Membuka ASEAN + Youth Summit 2023

JABAR EKSPRES – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mewakili Presiden Joko Widodo, pada hari Kamis (7/9) membuka ASEAN+ 2023 Youth Summit yang diselenggarakan di Jakarta Concert Hall, I News Tower Jakarta.

Upacara pembukaan berlangsung dengan menyalakan obor virtual Menpora Dito bersama Presiden Indonesian Youth Foreign Affairs (IYD) Michael Victor Sianipar, co-chair Agenda ASEAN Youth (AYA) 2023 Rorian Pratyaksa dan perwakilan AYA lainnya.

“Program penataran, pelatihan ulang, dan pelatihan keterampilan baru sangat penting, tidak hanya untuk pemuda tetapi juga untuk pengembangan kawasan. Ini harus menjadi tindakan kolektif, ini adalah komitmen kita semua,” Kata Dito dikutiP dari Antara, Kamis (7/9).

BACA JUGA : Cak Imin Penuhi Panggilan KPK Sebagai Saksi Dugaan Korupsi di Kemenaker

Menpora Dito optimis bahwa negara-negara ASEAN dapat melampaui kesuksesan Amerika Serikat dan China jika mereka datang dengan ide-ide besar dan membangun jaringan antar negara yang akan menjadi kenyataan di masa depan.

“Bagi saya, masa depan adalah sesuatu yang harus diciptakan, bukan diprediksi. Namun, saya sangat optimis dalam 5 sampai 10 tahun ke depan, 11 negara ASEAN akan mampu melampaui kesuksesan Amerika Serikat dan China,” ujar Menpora Dito.

Dito berharap melalui forum ini, para pemuda Indonesia dapat menjalin jejaring yang sangat berguna di masa depan.

“Saya berharap melalui forum ini, para pemuda memiliki kesempatan untuk mempererat hubungan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Saya sangat yakin bahwa para peserta yang hadir adalah para pemimpin muda dari 11 negara ASEAN dan ini akan menjadi investasi sosial untuk masa depan,” katanya.

BACA JUGA : Daftar Negara Peserta yang Hadir di KTT ke-43 ASEAN!

“Saya juga meminta agar melalui forum ini, harus ada konstruksi dan konsensus bersama tentang apa yang dapat dibawa oleh pemuda ASEAN ketika berkolaborasi di masa depan. Dan bagaimana kita membina hubungan bilateral dan multilateral dengan para pemuda,” kata Menpora Dito.

Co-Chair ASEAN Youth Agenda 2023 Rorian Pratyaksa mendorong para pemuda untuk berpartisipasi dan mempromosikan inisiatif-inisiatif dalam ASEAN Youth Agenda 2023.

Ia menyampaikan antusiasme dan mengajak anak muda untuk berperan aktif dalam mempromosikan dan berpartisipasi dalam rangkaian acara ASEAN Youth Agenda 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan