Knalpot Bising Jadi Sasaran Razia, Catat Tanggal Operasi Zebra Lodaya!

JABAR EKSPRES – Polres Cimahi tengah menggelar razia kendaraan dalam Operasi Zebra Lodaya mulai 4 hingga 17 September 2023. Sasaran utama penindakan tilang yakni kepada pengendara yang sepeda motornya menggunakan knalpot brong (tidak sesuai standar), kemudian tidak melengkapi surat-surat kendaraan, termasuk SIM, dan pengendara yang melanggar tata tertib berlalu lintas.

“Tujuan operasi ini untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” tulis akun Instagram resmi Satlantas Polres Cimahi, Selas (5/9).

Polres Cimahi mengimbau kepada masyarakat supaya menggunakan helm SNI, bagi pengendara mobil agar mengenakan sabuk pengaman (safety belt), tidak melawan arus, dan membawa surat-surat kendaraan yang lengkap. Hari pertama Operasi Zebra Lodaya 2023 pada Senin (4/9), sejumlah pengendara motor terjaring operasi oleh petugas Satlantas Polres Cimahi di Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi.

 

BACA JUGA: Prediksi Poros Baru AHY dan Sandiaga Uno, Pengamat: Bukan Tidak Mungkin!

Satu per satu pengendara motor yang tidak memakai helm diberhentikan oleh petugas kepolisian. Setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat mengemudi, petugas memberikan sanksi berupa teguran. Selain itu petugas juga memberi imbauan secara humanis. Tidak hanya itu, petugas juga memberikan sejumlah helm kepada penumpang motor yang tidak memakai helm.

“Operasi Zebra Lodaya akan menyasar para pengendara yang tidak memakai helm, tidak mempunyai SIM, knalpot brong dan lawan arus.Terutama di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih banyak yang tidak menggunakan helm dan melawan arah saat terjadi kepadatan. Kita akan menyebar personel,” terang Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono.

Operasi ini akan digelar selama dua pekan guna meningkatkan ketertiban berkendara di jalan raya. Sebelum dilaksanakan operasi, apel gelar pasukan dilaksanakan di Mapolres Cimahi bersama TNI, dan Dinas Perhubungan. “Tertib berlalu lintas, cermin masyarakat cerdas,” kata Kapolres. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan