Mengenali Gejala Adanya Kista dan Miom dalam Rahim

JABAR EKSPRES – Penyakit Kista dan Miom, merupakan dua penyakit yang sedang banyak menghantui kaum wanita di beberapa waktu terakhir. Kista dan Mion umumnya tumbuh didalam rahim perempuan hingga gejalanya tidak bisa dideteksi.

Kista dan miom adalah dua kondisi yang berbeda dimana keberadaannya di dalam rahim bisa mempengaruhi fungsi rahim pada wanita.

Dilasir dari laman Halodoc, Miom dan kista adalah dua kondisi yang umum terjadi pada wanita usia produktif. Miom adalah jenis tumor non-kanker yang terbentuk di dinding otot rahim.

Sementara kista adalah kantong berisi cairan yang berkembang di dalam atau di atas ovarium. Kedua kondisi ini umumnya tidak menunjukkan gejala yang nampak pada tubuh wanita, hal itu juga yang akhirnya sering tidak disadari bahwa kista atau miom sedang tumbuh didalam rahim.

Baca juga : 10 Makanan Ajaib yang Mampu Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Namun ada beberapa gejala yang pernah muncul pada pasien Kista atau Miom sehingga bisa menjadi pelajaran untuk yang lain.

Beberapa gejala umum yang dapat terjadi pada penderita kista atau miom di rahim diantaranya :

Gejala Kista di Rahim

Karena massa atau bentuk dari dua penyakit ini berbedam sehingga gejalanyapun juga berbeda.

1. Nyeri atau Ketidaknyamanan

Kista di rahim dapat menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan di area panggul atau perut bagian bawah.

2. Gangguan Menstruasi

Kista kadang-kadang dapat memengaruhi siklus menstruasi, menyebabkan perubahan seperti haid yang tidak teratur, perdarahan yang lebih berat atau lebih ringan dari biasanya, atau perdarahan di antara periode menstruasi.

3. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Beberapa wanita dengan kista di rahim melaporkan nyeri saat berhubungan seksual.

4. Peningkatan Frekuensi Buang Air Kecil

Kista yang cukup besar dapat menekan kandung kemih, menyebabkan seringnya buang air kecil atau merasa ingin buang air kecil.

5. Perubahan Berat Badan

Kista yang besar atau mengganggu hormon reproduksi juga dapat mempengaruhi berat badan atau menyebabkan perubahan pada pola makan.

Gejala Miom di Rahim

1. Haid yang Berat atau Prolonged

Miom dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang lebih berat dan lebih lama dari biasanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan