Viral Istilah Love Scamming, Ini Modus Pelaku dan Trik Agar Tak Terjerat

JABAR EKSPRES – Media sosial sedang ramai dengan istilah love scamming, paska terbongkarnya penipuan yang kebanyakan berawal dari aplikasi kencan online, yang menjanjikan hubungan cinta yang serius.

Apa sebenarnya love scaming? kenapa banyak yang terjerat dan bagaimana cara menghindarinya. Kamu akan mendapatkan semua ulasannya dalam tulisan ini.

Love Scamming mungkin masih terdengar asing, namun praktek ini ternyata sudah terjadi sejak lama. Namun baru ramai diperbincangkan setelah para korbannya berani speak up dan mencari keadilan beberapa waktu terakhir.

Apalagi sejak ada film yang mengisahkan tenang korban love scamming yang dipublikasikan semakin memberikan semangat para korban untuk berani mengungkapkannya.

Baca juga : Aksi Love Scam Marak Beroperasi di Dalam Lapas, Sipir dan Petugas Ikut Dapat Hasil Penipuan

Ditambah lagi sejak Kepolisian berhasil mengungkap dan menangkap para pelaku love Scamming yang ternyata komplotan Warga Negara Asing (WNA) China yang tinggal di Batam.

Modus atau cara kerja para pelaku ini adalah dengan menjanjikan hubungan yang serius kepada korbannya, mengiming-imingi korbannya dengan cinta, perhatian, hingga mengajak korbannya untuk melakukan Video Call (VC) yang lama kelamaan semakin vulgar. Dan video-video tersebut yang akhirnya digunakan mereka untuk memeras para korbannya.

Love scamming sendiri menurut keterangan dalam situs resmi FBI adalah tindakan penipuan yang menggunakan identitas palsu saat berkomunikasi secara daring. Modusnya, korban diiming-imingi kasih sayang, kepercayaan, hingga mencapai hubungan romantis yang lebih intens. Akhirnya, korban termanipulasi hingga bersedia memberikan apa pun pada pelaku, termasuk uang.

Kasus seperti ini ternyata jumlahnya sudah sangat banyak, hanya saja korban jarang sekali ada yang mau melaporkannya. Biasanya karena merasa malu atau masih sangat patah hati karena sudah memiliki harapan yang terlalu tinggi dengan hubungan tersebut.

Baca juga : Kisah Korban TPPO Myanmar, Jadi Penipu Online dengan Pola Kerja 18 Jam

Karenanya sangat penting sekali mengutamakan untuk berhati-hati jika ada seseorang yang tiba-tiba DM atau mengajak berkenalan secara online. Terlebih lagi bila mengaku seorang warga negara asing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan