3 Cara Mengecek Kualitas Aki Pada Kendaraan!

JABAR EKSPRES – Kualitas aki pada kendaraan dapat dilakukan pengecekan dengan tiga cara. Namun untuk praktiknya tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri.

Saat kendaraan kamu mati tiba-tiba atau tidak bisa hidup saat dinyalakan maka terdapat kemungkinan adanya masalah pada aki kendaraan kamu.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan apabila dalam keadaan darurat tanpa membongkar mobil secara menyeluruh.

BACA JUGA: 4 Cara Mencuci Mobil yang Benar Untuk Pastikan Kebersihannya!

Namun, tetap dianjurkan untuk membawa kendaraan ke bengkel apabila terjadi masalah pada kendaraan kamu.

Cara Cek Kualitas Aki

  • Lakukan pemeriksaan pada indikator elektrolit 

Indikator elektrolit dapat kamu lihat dengan mudah, kamu hanya perlu membuka bagian depan kap mobil tanpa perlu membongkar secara menyeluruh.

Indikator elektrolit berada pada posisi paling atas, perhatikan apabila indikator berwarna biru maka aki masih dalam keadaan baik, sedangkan apabila indikator berwarna putih atau merah maka aki sudah dalam keadaan yang tidak baik untuk digunakan.

BACA JUGA: Elegent! Mobil Daihatsu Terios 2023, Cek Spesifikasi & Harganya

  • Perhatikan lampu indikator 

Dalam kabin mobil terdapat lampu indikator yang nantinya apabila kunci dimasukkan dan di putar maka lampu indikator akan menyala. Namun, apabila saat kunci dimasukkan dan di putar lampu indikator tidak menyala maka ada sesuatu yang bermasalah, cara tersebut dapat diguankan untuk cek kualitas aki.

  • Hidupkan mobil  

Coba hidupkan mobil untuk mengecek, apabila saat mobil dinyalakan tetapi tidak hidup selama beberapa waktu, maka terdapat kemungkinan bahwa aki dalam keadaan tidak baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan