Benarkah Planet Terbesar Itu Planet Jupiter? Ternyata Ini Ada yang Lebih Besar!

Salah satu contoh dari fenomena ini adalah raksasa gas HAT-P-67 b, yang berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki radius dua kali lipat dari Jupiter. Namun, meskipun saat ini dinobatkan sebagai salah satu planet terbesar dalam hal dimensi, kerapatan planet ini justru lebih rendah dari Jupiter, bahkan hanya sekitar sepertiga dari massa Jupiter.

Hal serupa juga terjadi pada Planet Wasp-17 b, yang memiliki dimensi sekitar dua kali lipat dari Jupiter. Ada pula contoh KELT-9b, yang memiliki diameter sekitar 1,84 kali dari Jupiter.

Sementara itu, dalam kategori planet berbatu, ukuran planet tidak pernah mendekati Jupiter. Sebagai contoh, “Super Bumi” yang memiliki ukuran hanya dua kali dari diameter Bumi.

“Sebagai perbandingan, Wasp-17b memiliki radius yang setara dengan 22 kali radius Bumi,” demikian diungkapkan oleh Ulmer-Moll.

Lebih lanjut, planet dengan massa paling besar memiliki ukuran sekitar 13 kali massa Jupiter. Termasuk di dalamnya adalah raksasa gas HD 39091 b, yang terletak sekitar 60 tahun cahaya dari Bumi, dan memiliki massa sekitar 12,3 kali lipat dari massa Jupiter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan