Momen Mengesankan 3 Ekor Gajah Turut Serta dalam Pengibaran Bendera Merah Putih di Riau

JABAR EKSPRES – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 tengah disambut meriah hari ini, pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Merentang dari berbagai penjuru tanah air, perayaan ini digelar dengan suatu kombinasi anggun upacara resmi dan semarak perlombaan.

Namun, perayaan kemerdekaan Republik Indonesia kali ini menyuguhkan nuansa yang sangat unik di Provinsi Riau.

Keistimewaan ini terletak pada salah satu elemen puncaknya, yakni pengibaran Sang Saka Merah Putih yang dihelat di tengah keindahan alam Riau.

BACA JUGA: Erick Thohir Tanggapi Aksi Lucu Menteri Basuki di Upacara 17 Agustus 2023

Para pemerhati tampak terkagum-kagum melihat ketangguhan tiga ekor gajah Sumatra, Bankin, Indah, dan Vera, yang turut serta dalam momen pengibaran bendera peringatan HUT RI yang ke-78 ini.

Berlangsung di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, rangkaian pengibaran ini diatur secara khidmat.

Masing-masing gajah berjuluk ini, di bawah bimbingan mahout-nya, dengan anggun dan megah mengayunkan Sang Saka Merah Putih.

Sebelumnya, bendera yang sarat makna ini diarak oleh tiga petugas yang diikuti oleh ketiga gajah tersebut. Lalu, dengan kepiawaian yang mengesankan, gajah Vera memimpin momen pengibaran dengan menggunakan belalainya.

BACA JUGA: Kades di Aceh Meninggal Dunia saat Pelaksanaan Upacara

“Kami sengaja hadirkan tiga ekor gajah untuk pengibaran bendera. Tujuannya adalah sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah dilindungi ini bisa berperan serta di perayaan HUT Kemerdekaan RI,” kata Plh Kepala BBKSDA Riau Hartono, dikutip dari JPNN.com.

“Persiapan dilakukan sejak Senin lalu di saat kami mempunyai ide ini. Latihan hanya setengah hari dan berjalan lancar, lanjut Hartono.

Dengan antusias, Zuhri Abdi, peserta upacara, menyatakan kegembiraannya karena ia diberikan kesempatan langka untuk menyaksikan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh tiga gajah tersebut.

Kejadian ini menjadi momen bersejarah baginya, dan Zuhri merasa terhormat bisa menjadi saksi atas peristiwa yang begitu unik dan memukau tersebut.

BACA JUGA: Kucing Oyen di Poster Hari Kemerdekaan Bikin Salfok Warganet: Berendam Sama Belut

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan