Fitur ChatGPT yang Awalnya Berbayar, Kini Gratis untuk Semua Pengguna

JABAR EKSPRES – OpenAI telah mengumumkan bahwa salah satu fitur dari ChatGPT, yaitu Custom Instructions, kini tersedia untuk di akses oleh seluruh pengguna alias gratis.

Hal ini berarti bahwa pengguna ChatGPT tidak lagi perlu membayar tambahan untuk menikmati layanan ini.

Sebelumnya, Custom Instructions hanya dapat di akses oleh pengguna ChatGPT Plus, yang merupakan layanan berlangganan dari OpenAI dengan biaya sekitar US$20 atau sekitar Rp300 ribu per bulan untuk akses ke berbagai fitur tambahan di ChatGPT.

Lihat juga : Layanan Pembuat Tautan Discord Kena Retas, Sebanyak 760 Ribu Data Pengguna Dicuri

Fungsinya adalah memberikan pengguna lebih banyak kendali dalam mengatur respons yang di berikan oleh ChatGPT.

Custom Instructions pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli sebagai versi beta eksklusif untuk pelanggan ChatGPT Plus.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan preferensi dan persyaratan khusus yang ingin di terapkan oleh chatbot AI saat memberikan tanggapan.

Fitur ini bermanfaat dalam menghemat waktu pengguna. Karena tidak perlu menulis instruksi yang sama berulang kali setiap kali berinteraksi dengan chatbot.

Sebagai contoh, pengguna dapat meminta ChatGPT untuk membatasi jawaban dalam jumlah karakter tertentu atau menyesuaikan respon yang di berikan.

Pada saat di perkenalkannya Custom Instructions pada bulan Juli, OpenAI memberikan contoh penggunaan. Seperti seorang guru dapat menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan respons yang sesuai dengan materi pelajaran tanpa harus mengulang penjelasan yang sama seperti di kelas 3 SD.

Sementara itu, para pengembang aplikasi yang menggunakan fitur ini dapat meminta chatbot untuk memberikan respons dalam bahasa tertentu atau menghindari penggunaan bahasa tertentu.

Sebelumnya, Custom Instructions hanya tersedia bagi mereka yang berlangganan ChatGPT Plus dengan biaya US$20 per bulan.

Namun, sekarang, fitur ini telah di buka untuk pengguna gratis dan berlangganan Plus, termasuk di platform iOS dan Android.

Lihat juga : Apple Disebut Tengah Kembangkan Produk AI, Saingan ChatGPT dan Bard?

Lebih lanjut, instruksi khusus ini juga dapat di gunakan tanpa menyimpan riwayat percakapan.

Menurut Tech Crunch, untuk menggunakan fitur gratis ChatGpt ini. Pengguna hanya perlu mengklik nama profil mereka dan memilih “Custom Instructions” untuk memulai pengaturan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan