Daftar Pakaian Adat yang Dipakai Jokowi dalam Upacara HUT RI Tiap Tahun

JABAR EKSPRES – Sejak tahun 2017 hingga 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu mengenakan pakaian adat saat berperan sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI).

Selama enam kesempatan tersebut, Presiden Indonesia ke-7 ini senantiasa tampil dengan pakaian adat yang berbeda setiap tahunnya. Pemilihan pakaian adat ini menjadi sorotan karena setiap tahun Jokowi menampilkan budaya berbeda dalam momen peringatan HUT RI.

Lihat juga : Jokowi Tetapkan Kenaikan Gaji PNS Tepat Hari ini

Pada Upacara 17 Agustus 2017, Jokowi mengenakan baju adat khas Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, di Istana Merdeka. Saat itu merupakan kali pertama Jokowi mengenakan pakaian adat saat memperingati HUT RI.

Tindakan ini menjadi titik awal dari tradisi memakai pakaian adat setiap tahun dalam upacara tersebut.

Sejak saat itu, hingga tahun 2022, Jokowi selalu mengenakan baju adat saat menjadi Inspektur Upacara 17 Agustus. Pada tahun-tahun berikutnya, Jokowi tampil mengenakan pakaian adat Aceh, Klungkung dari Bali, Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Pepadun dari Lampung, dan Kesultanan Buton dari Sulawesi Tenggara.

Pakaian adat tersebut memiliki ciri khas masing-masing, mewakili keberagaman budaya dan tradisi di seluruh Indonesia. Misalnya, pada tahun 2018, Jokowi mengenakan pakaian adat Aceh yang terdiri dari kupiah meukeutop dan baju Bajee.

Pada tahun 2019, Jokowi tampil dengan pakaian adat Klungkung yang bermotif hitam dan dilengkapi dengan kain dan penutup kepala. Pada tahun 2020, Jokowi memakai baju adat khas Timor Tengah Selatan yang menghadirkan motif nunkolo dan ikat kepala Ester.

Selanjutnya, pada tahun 2021, Jokowi memilih pakaian adat Pepadun dari Lampung dengan kain bida sebagai ciri khasnya. Pada tahun 2022, sebagai penutup rangkaian upacara, Jokowi mengenakan baju adat Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara, dengan pakaian adat Dolomani yang lengkap dengan baju, celana, sarung, dan aksesoris tradisional lainnya.

Lihat juga : Makna Baju Adat Jokowi yang Dipakai dalam Acara Sidang Tahunan MPR RI

Melalui pemilihan pakaian adat yang berbeda setiap tahun, Jokowi mengedepankan pesan penting tentang keragaman budaya dan keberagaman Indonesia. Tradisi ini juga menghormati dan mempromosikan kekayaan tradisi lokal dari berbagai daerah di negara ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan