Presiden RI Memantau Gladi Bersih Upacara HUT RI ke-78

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut mengamati latihan persiapan Upacara Detik-Detik Proklamasi, sebagai bagian dari peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Jokowi dan Ibu Iriana duduk di panggung kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Selasa, saat latihan persiapan dilakukan. Keduanya masih mengenakan seragam Pramuka setelah sebelumnya menghadiri acara Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka 2023 di Cibubur pada hari yang sama.

Selain Presiden dan Ibu Negara, latihan persiapan upacara tersebut dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

BACA JUGA: Contoh Teks MC 17 Agustus dan Susunan Acara “Malam Puncak” HUT RI, Mudah!

Rangkaian perayaan HUT RI akan dimulai dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Tahun ini, rute kirab diperpanjang dari Cawan Monas ke perempatan Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Selatan. Di sekitar Patung Arjuna Wijaya, kirab melewati beberapa kantor kementerian sebelum mencapai istana.

Dalam perjalanan kirab, perwakilan dari Tim Purna Paskibraka menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa untuk membawa Bendera Merah Putih dan salinan asli Teks Proklamasi.

Tiruan bendera dan naskah asli Teks Proklamasi kemudian diserahkan untuk ditempatkan di panggung kehormatan di Istana Merdeka.

Selama latihan persiapan upacara tersebut, Kirab Kereta Kencana Ki Jaga Rasa diiringi oleh pasukan berkuda dan marching band dari korps TNI-Polri.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai dengan tembakan meriam, diikuti oleh serangkaian prosesi yang dipimpin oleh inspektur upacara. Acara dimulai dengan Mengheningkan Cipta, diikuti oleh doa yang dibacakan oleh Menteri Agama, dan pengibaran Bendera Merah Putih.

BACA JUGA: 50 Ucapan Tentang 17 Agustus (HUT RI) untuk Status Sosmed

Pengibaran bendera disimulasikan oleh 76 anggota Purna Paskibraka, mewakili 38 provinsi di Indonesia, di mana setiap provinsi diwakili oleh sepasang pelajar sekolah menengah.

Para Paskibraka mengibarkan bendera latihan berwarna kuning-hijau sambil ditemani oleh lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh marching band.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan