Komunitas Batu Mulia dan Pirus Sumedang Gelar Kontes Bertajuk Piala Mahkota Raja

JABAR EKSPRES – Sejumlah Peserta Kontes Batu Mulia dan Pirus Indonesia turut hadir meriahkan acara bertajuk ‘Piala Mahkota Raja’ di Gedung Kreatif Center Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Salah seorang panitia penyelenggara acara, Iwan Gumilar (46) menerangkan bahwa untuk di Sumedang, ini merupakan kali pertama acara kontes batu mulia dan batu pirus digelar.

“Ini merupakan event pertama dan Alhamdulillah bisa menghadirkan berbagai komunitas batu mulia dan pirus se -Indonesia, untuk dapat ikuti kontes di Sumedang,” katanya kepada JabarEkspres.com pada Minggu, 13 Agustus 2023.

BACA JUGA: Jelang Puncak Kemarau Panjang, BPBD Kabupaten Sumedang Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Iwan sendiri merupakan warga asli yang tinggal di Jalan Prabu Gajah Agung, Dusun Sukamulya, Kelurahan Jatihurip, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Iwan menjelaskan bahwa kontes yang dirinya gelar bersama teman se komunitasnya itu, berhasil diikuti oleh ratusan peserta yang datang dan antusias.

“Ratusan peserta yang mengikuti di antaranya datang langsung dari Sulawesi, Madura, Kalimantan, Surabaya, Solo dan Jogja,” lanjutnya.

BACA JUGA: Masuk Nominasi Duta Pariwisata Sumedang, Allika Noor Al Dapat Dukungan Jusuf Hamka

Demikian, Iwan menuturkan, bahwa berbagai batu mulia dan pirus itu memiliki keunikan dan jenis atau tipe yang beraneka ragam.

“Khusus pirus saja, jenis atau originalitasnya itu diambil dari asal mula batu itu ditemukan. Di antaranya ada yang dari Jiran, Mesir, Hubai atau Xinjiang, Nevada, Amerika,” ungkapnya.

Meskipun bertekad untuk membumingkan kembali batu akik, mulia, dan pirus, Iwan tidak terlalu berekspektasi lebih, Ia mengaku untuk mengawali upayanya tersebut event digagas dengan kemasan ajang silaturahmi para pecinta batu akik, mulia dan pirus se-Indonesia.

Khususnya, bagi mereka yang aktif di sebuah group sosial media (Facebook), yang kini telah terealisasikan menjadi sebuah acara yang nyata.

Acara diselenggarakan mulai pukul 10.00 EIB hingga pukul 22.00 WIB setiap harinya. Sedangkan untuk hari dimulainya acara dilaksanakan dalam 2 hari, Sabtu dan Minggu 12 dan 13 Agustus 2023.

Adapun penilaian yang dilakukan akan mengklasifikasi pemenang mulai dari Juara Umum, Juara 1 sampai 5 dengan hadiah berupa uang senilai total Rp10 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan