Domba Garut Bertanduk 4 Milik Warga Sumedang Bakal Dijual Jika Harganya Segini

JABAR EKSPRES – Seekor domba milik warga Sumedang memiliki keunikan tersendiri lantaran bertanduk 4 (empat). Domba itu diberinya nama si Sultan.

Cucu Suryaman (49), Warga Dusun Hiji Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor atau sang pemilik, telah menjadikan domba bertanduk empat sebagai ikon peternakan domba miliknya.

Ia pun tak ada rencana untuk menjualnya. Namun, setelah ditanya-tanya oleh Jabar Ekspres diketahui bahwa ia akan melepas domba miliknya itu jika ada yang berani membayar dikisaran harga antara Rp200.000.000 sampai Rp250.000.000.

BACA JUGA: Si Sultan, Satu-satunya Domba Bertanduk 4 Milik Seorang Peternak di Sumedang

“Kalau 200 juta (rupiah) mah soklah diical (kalau dibayar 200 atau 250 juta rupiah maulah dijual),” Kata Cucu Kamis 10 Agustus 2023.

Cucu mengatakan, domba bertanduk empat sebenarnya di beberapa daerah telah ada yang memilikinya. Sang pemilik biasanya merupakan kolektor atau memiliki hobi di bidang perdombaan.

“Pemilik domba bertanduk empat biasanya seorang kolektor domba atau pecinta seni domba,” ungkapnya.

Domba bertanduk empat milik Cucu diketahui berasal dari bantuan aspirasi salah satu anggota DPRD Sumedang pada sekitar tahun 2019.

“Jadi dulu itu ada bantuan dari anggota dewan melalui dinas peternakan yang dibagikan kepada kelompok tani di Desa Cipacing,” Katanya.

Saat itu, Cucu selaku salah satu ketua kelompok tani di Desa Cipacing menerima sepasang domba Garut indukan. Bantuan domba untuk kelompok tani di Desa Cipacing sendiri totalnya berjumlah 80 ekor.

“Kelompok tani saya, kelompok tani Maju Bersama menerima 10 ekor bantuan domba Garut, satu ekor jantan dan sembilan sisanya betina. Untuk domba jantan disimpan di saya sebagai ketua kelompok tani, sementara domba betinanya disebar kepada anggota termasuk saya satu ekor,” terangnya.

Cucu pun mengawinkan sepasang domba Garut miliknya tersebut. Dan keunikan pun terjadi saat dirinya mendapati bahwa anakan dari domba tersebut memiliki 4 tanduk saat usianya masih muda.

“Dari masih kecil memang sudah terlihat bahwa anakan dari sepasang domba saya itu tampak terlihat akan memiliki empat tanduk,” ujarnya.

Keunikan lainnya, yakni indukan dari domba bertanduk empat itu hanya melahirkan satu ekor. Padahal, domba betina pada umumnya memungkinkan untuk melahirkan dua sampai empat ekor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan