Trek Ujian Praktek SIM C Diubah, Kapolresta Bogor: Masyarakat Diberikan Kesempatan untuk Latihan,

JABAR EKSPRES – Menindaklanjuti amanat dan instruksi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polresta Bogor Kota turut memperkenalkan trek atau rute lintasan ujian praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang baru di Mako Kedung Halang Polresta Bogor Kota pada Senin, 7 Agustus 2023 sore.

Dalam rute kali ini Polri resmi menghapus ujian lintasan Slalom atau Zig-Zag dan angka delapan pada mekanisme ujian praktek SIM C. Konsepnya nyaris menyerupai sirkuit dan terlihat lebih sederhana.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan, atas adanya pembaharuan tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat terutama para pemohon SIM dalam mengikuti ujian praktek.

“Kami menindaklanjuti amanat, intruksi dan aksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sehingga kami memperbaiki rute lintasan ujian praktek, berdasarkan saran, aduan masyarakat,” ungkapnya saat konferensi pers didampingi wakilnya AKBP Eko Prasetyo dan Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Aprian.

Dirinya menjelaskan, rute yang diterapkan saat ini merupakan hasil dari diskusi para ahli dan juga telah dipraktekkan di negara lain seperti Jepang dan Singapura.

Terdapat lima pembaharuan pada trek ujian praktek SIM C kali ini. Di antaranya, test uji pengereman atau keseimbangan, dihilangkannya uji Slalom atau zig-zag, uji berbalik arah atau U-turn, uji reaksi rem menghindar dan uji angka 8 menjadi S.

“Perubahan yang sebelumnya meliputi tes terpisah, saat ini menjadi satu kesatuan. Saat ini lebar lintasan ditambah dari dua kali lebar kendaraan, menjadi 2,5 kali lebar kendaraan,” jelasnya.

“Selain itu, jarak patok juga diatur dari yang semulanya berjarak 2 meter, saat ini menjadi 3 meter. Termasuk adanya pengurangan jumlah patok di lintasan ujian praktek,” imbuh Bismo.

Pihaknya menekankan, bagi para pemohon SIM C yang belum berhasil lolos ujian praktek tak perlu khawatir, sebab bisa mengulangi kembali.

Satlantas Polresta Bogor Kota juga memberi kesempatan bagi masyarakat yang hendak latihan atau mencoba lintasan baru ujian praktek SIM C tersebut dengan waktu yang sudah disesuaikan.

“Setiap hari kami berikan kesempatan pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Masyarakat bisa langsung datang ke Mako Kedung Halang Polresta Bogor Kota,” dorongnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan