Rekomendasi Menu Diet Sederhana Untuk Pemula

JABAR EKSPRES – Memulai program diet membutuhkan niat yang kuat dan tekad yang besar. Pasalnya banyak yang memiliki niat diet dengan tekad besar namun berhenti ditengah jalan sebelum berhasil dengan target yang ditentukan. Untuk pemula ada menu diet yang sederhana untuk bisa dicoba.

Jika baru pertama kali mencoba melakukan diet, kita tidak perlu memberikan target atau ekspektasi yang terlalu besar. Walaupun hal tersebut bisa dijadikan motivasi agar tetap semangat dan konsisten menjalankan program tersebut. Namun sebaiknya dimulai dengan menu-menu diat yang sedehana terlebih dahulu.

Hal ini sebagai sarana agar tubuh mulai beradaptasi dengan pola makan yang baru. Karena dengan diet, maka akan ada perubahan pola makan yang dijalani. Ini bisa berdampak pada metabolisme tubuh.

Karenanya, jangan terlalu dipaksakan untuk melakukan diet ketat dengan mengurangi banyak porsi makan. Namun yang perlu dilakukan adalah bijak dalam memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi.

Baca juga : Miris, Influenser Vegan Meninggal Karena Kelaparan, Begini Tips Diet Vegan yang Aman

Yakni dengan mengurangi atau mengganti beberapa bahan makanan yang berbahan karbohidrat juga lemak, dengan makanan yang lebih sehat.

Berikut beberapa macam bahan makanan yang direkomendasikan untuk program diet bagi pemula, seperti dilansir dari laman halodoc.

1. Sayuran berdaun hijau.

Sayuran ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh karena mengandung banyak serat sehingga pencernaan akan menjadi semakin lancar. Sayuran hijau juga rendah kalori dan karbohidrat sehingga cocok untuk diet.

Kamu bisa dengan mudah mengkonsumsi sayuran hijau dengan porsi yang cukup banyak tanpa ditambah bumbu apapun karena kalorinya sedikit. Contoh dari sayuran hijau ini adalah kangkung, pakcoy, bayam, dan katuk.

2. Gandum utuh.

Makanan yang berbahan dasar gandum sangat dianjurkan apalagi untuk yang sedang dalam masa diet.

Oat, roti tawar gandum, dan quinoa adalah contoh makanan berbahan dasar gandum utuh untuk menunjang diet yang sehat. Makanan ini juga kaya akan serat, sehingga dapat melancarkan pencernaan.

3. Protein tanpa lemak.

Makanan yang mengandung protein juga menjadi salah satu kandungan untuk menjalani menu diet sehat yang tak ketinggalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan