Ketahui 7 Minuman yang Dapat Meredakan Sakit Saat Batuk!

JABAR EKSPRES – Saat mengalami sakit batuk, seringkali disarankan untuk meminum air putih hangat untuk meredakannya. Namun, di bawah ini akan direkomendasikan beberapa minuman lain yang baik kamu konsumsi saat batuk.

Batuk sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah karena virus dan bakteri, sedang melakukan pembersihan tenggorokan, asma, karena efek samping dari konsumsi obat, hingga disebabkan oleh merokok.

Saat tubuh menderita sakit pada tenggorokan, konsumsi minuman yang tepat dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat pemulihannya.

BACA JUGA: Kenali Gejala yang Umum Diderita & Jenis-Jenis Dari Diabetes!

Berikut beberapa minuman yang disarankan untuk diminum untuk penderita batuk:

  • Teh herbal

Teh herbal seperti teh jahe, teh chamomile, atau teh peppermint dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi batuk. Teh jahe, khususnya, memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi gejala batuk.

  • Madu dan air hangat

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan tenggorokan yang teriritasi akibat batuk. Campurkan satu atau dua sendok teh madu dalam segelas air hangat untuk mengurangi gejala batuk.

  • Jus jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan saat kamu batuk dan pilek.

BACA JUGA: Ketahui 4 Manfaat Dari Menjalankan Diet Vegan Bagi Kesehatan!

  • Air putih

Tetap terhidrasi adalah hal yang penting saat kamu sakit, termasuk saat batuk. Air putih membantu melonggarkan lendir dan menjaga kelembapan saluran pernapasan.

  • Kaldu ayam

Kaldu ayam mengandung nutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan. Minum kaldu ayam hangat dapat membantu meredakan gejala batuk.

  • Air lemon hangat

Air lemon hangat memiliki sifat melembutkan tenggorokan dan dapat membantu mengurangi rasa sakit saat batuk.

  • Minuman bergas atau berkafein

Hindari minuman yang mengandung kafein atau berkarbonasi, seperti kopi atau minuman bersoda, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk gejala batuk.

Namun perlu diingat bahwa  tetap disarankan untuk kamu melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan