Fenomena Lubang Misterius di Kalibawang Kulon Progo Bikin Para Ahli Geologi Bingung

Alat yang di gunakan dalam penelitian ini adalah georadar, yaitu perangkat radar yang dapat menembus tanah untuk mendeteksi sinyal yang dipantulkan oleh struktur di bawah permukaan.

“Dengan ini, kita dapat mengidentifikasi kondisi di bawah permukaan. Dengan data geofisika ini, kami akan mencoba membuat profil bawah permukaan.” tambah Wahyu.

Wahyu menjelaskan bahwa proses penelitian ini akan di lakukan secara bertahap karena luasnya area yang harus di teliti.

Targetnya, penelitian ini akan selesai dalam waktu seminggu. Hasil penelitian nantinya akan di sampaikan kepada pihak yang berwenang untuk menentukan langkah-langkah mitigasi.

“Kami berusaha untuk menganalisisnya mungkin dalam seminggu ke depan. Kami akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setelah hasilnya keluar. Ada tim lain yang akan datang untuk melakukan survei mendetail, mengambil foto udara, dan melakukan pemetaan rinci untuk mengidentifikasi pergerakan tanah di lokasi. Karena banyak bangunan yang mengalami retakan akibat pergerakan tanah.” pungkasnya.

Baca juga : Sebanyak 400 Peserta Jambore Pramuka Dunia Dibawa ke RS Akibat Panas Ekstrem di Korsel

Sebelumnya, fenomena lubang misterius ini muncul secara tiba-tiba di Dusun Popohan, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo.

Lubang ini muncul sejak akhir tahun 2022 di halaman rumah milik Karyo Dimejo (70). Ukuran lubang tersebut sekitar 4,5×2 meter, setara dengan ukuran mobil sedan, dan kedalamannya lebih dari 5 meter setelah di lakukan pengukuran dengan menggunakan tanah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan