Batasan Usia Capres dan Cawapres, Begini Tanggapan Mahfud MD!

JABAR EKSPRES — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Mahfud MD, jelaskan soal batas usia bakal calon (bacalon) presiden dan calon wakil presiden (cawapres).

Hal ini disampaikan Mahfud, usai mengisi kegiatan di Ponpes Kempek Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Dirinya mengingatkan, agar semua pihak bisa bersabar menunggu hasil keputusan. Sampai dikeluarkannya surat keputusan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Sampai dengan saat ini, wacana tersebut masih dalam penggodokan pada proses persidangan.

Baca juga: Mahfud MD Kunjungi Ponpes Kempek Cirebon, ini Penilaian Kiai!

“Kita tunggu saja keputusan Mahkamah Konstitusi, masih disidangkan,” katanya kepada wartawan JabarEkspres.com pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Meski demikian, hasil sidang tersebut sepenuhnya wewenang Mahkamah Konstitusi (MK), yang bertugas mewakili pemerintah pusat.

Apapun hasilnya, Mahfud MD mengaku, secara lapang dada menerima apapun hasil keputusan MK nanti.

“Pemerintah akan mengikuti dengan seksama apapun keputusannya nanti, karena begitu lah menurut konsitusi kita,” jelasnya.

Sementara itu, jika hasil tersebut menuai konflik dalam penafsirannya, maka dia meminta agar bisa diselesaikan oleh MK.

“Kalau ada konflik penafsiran terhadap konstitusi yang dituangkan dalam undang-undang itu, diselesaikan oleh MK,” lanjutnya.

Menurutnya, wacana tersebut akan diputuskan dalam waktu sekurang-kurangnya dua bulan ke depan. Dirinya meyakini, MK mampu mmeberikan keputusan terbaik.

“Ya MK sudah tahu, mau dua bulan, mau berapa gitu,” pungkasnya.

Diketahui, batas minimal usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) digugat MK. Kabarnya, DPR dan Pemerintah memberikan sinyal setuju dengan batas usia capres-cawapres menjadi 35 tahun.

Hal tersebut dijelaskan dalam sidang uji materi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 mengenai batas minimal usia calon presiden dan calon wakil presiden dari 40 tahun menjadi 35 tahun. (Mg7)

Baca juga: Inilah Strategi Pedagang Beras Eceran di Pasar Sumedang, Tembus 5 Ton Sehari!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan