Apa itu Oat Milk, Apa Kelebihan Dibanding Susu Sapi? Simak di Sini

JABAR EKSPRES- Oat milk, atau susu oat, adalah minuman alternatif yang dibuat dari biji-bijian oat. Oat milk sering digunakan sebagai pengganti susu hewani, terutama bagi mereka yang vegetarian, vegan, atau memiliki intoleransi laktosa.

produk ini memiliki tekstur yang mirip dengan susu sapi dan digunakan dalam berbagai makanan dan minuman, seperti kopi, teh, sereal, smoothie, dan masakan.

Produk ini dihasilkan dengan cara merendam biji oat dalam air, kemudian mencampurnya dan menyaring campurannya untuk mendapatkan “susu” oat yang halus.

Beberapa merek komersial juga menambahkan vitamin, mineral, dan gizi tambahan ke dalam produk ini mereka untuk meningkatkan nilai nutrisinya.

Produk ini memiliki beberapa kelebihan. Pertama, ia bebas dari laktosa dan kolesterol, sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah intoleransi laktosa atau ingin mengurangi asupan kolesterol.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu Luar Bagi Kesehatan Terutama di Pagi Hari

Produk ini  juga memiliki serat yang bermanfaat untuk pencernaan dan lebih rendah lemak dibandingkan susu hewani.

Namun, perlu diingat bahwa oat milk memiliki kadar protein yang lebih rendah dibandingkan susu sapi, jadi orang yang mengandalkan protein dari susu mungkin perlu mencari sumber protein lain.

Sebelum memilih oat milk atau produk pengganti susu lainnya, disarankan untuk memeriksa label nutrisi dan bahan-bahan tambahan yang mungkin ditambahkan oleh produsen.

Kelebihan Oat Milk

Produk ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer sebagai alternatif susu, terutama bagi mereka yang vegetarian, vegan, atau memiliki intoleransi laktosa. Beberapa kelebihan oat milk antara lain:

Beberapa Kandungan Nutrisi

Oat milk umumnya diperkaya dengan vitamin dan mineral seperti vitamin D, kalsium, vitamin B12, dan zat besi. Ini bisa menjadi keuntungan bagi mereka yang khawatir akan kekurangan nutrisi tertentu saat mengganti susu hewani.

 

Tanpa Laktosa dan Kolesterol

Bebas dari laktosa, yang membuatnya cocok bagi orang yang intoleran terhadap laktosa atau ingin mengurangi konsumsi laktosa. Selain itu, oat milk juga tidak mengandung kolesterol.

 

Baca juga: 18 Daftar Jawaban Teka-Teki MPLS, Ada Susu Negara Hingga Buku Pejabat!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan