Kenali Gejala yang Umum Diderita & Jenis-Jenis Dari Diabetes!

JABAR EKSPRES – Perlu diwaspadai, berikut ini akan dijelaskan apa saja gejala yang biasa terjadi pada penderita diabetes, perlu kamu ketahui untuk menjaga tubuh kamu agar tetap sehat.

Diabetes atau dikenal juga sebagai diabetes mellitus merupakan suatu kondisi medis yang terjadi akibat tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah.

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja jenis-jenis dari diabetes dan apa saja gejala yang umum diderita oleh penderita diabetes.

BACA JUGA: Telur Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ketahui Mitos atau Fakta

Beberapa jenis diabetes yang paling umum adalah tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional, ketahui penjelasan dari masing-masing jenis diabetes tersebut.

  • Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Oleh sebab itu penderita diabetes sulit untuk memproduksi insulin.

Hal tersebut berdampak pada tubuh kekurangan insulin atau bahkan tidak menghasilkannya sama sekali.

Oleh kartena itu, penderita diabetes tipe 1 biasanya mendapatkan insulin melalui suntikan atau pompa insulin untuk mempertahankan kadar glukosa darah yang normal.

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 sendiri memiliki gejala seperti tubuh masih bisa menghasilkan insulin, namun sel-sel tubuh lain menjadi kurang responsif terhadap insulin tersebut.

Faktor risiko dari diabetes tipe 2 meliputi kelebihan berat badan, gaya hidup yang tidak sehat, genetika, dan faktor lingkungan.

BACA JUGA: 8 Manfaat Dari Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional merupakan kondisi diabetes yang terjadi pada wanita hamil yang sebelumnya tidak memiliki diabetes.

Diabetes gestasional berkembang selama kehamilan dan cenderung membaik setelah melahirkan. Namun, wanita yang pernah mengalami diabetes gestasional berisiko lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Gejala diabetes yang umum terjadi diantaranya haus berlebihan, sering buang air kecil, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, rasa lapar yang meningkat, kelelahan, dan luka sulit sembuh. Jika diabetes tidak diobati dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah pada mata, ginjal, saraf, jantung, dan pembuluh darah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan