Telur Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ketahui Mitos atau Fakta

JABAR EKSPRES – Makanan dengan sumber protein hewani tinggi ini menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat. Namun, apakah benar bahwa mengonsumsi telur dapat menyebabkan kolesterol tinggi? simak pembahasannya berikut ini.

Telur menjadi salah satu makanan pilihan yang sering dikonsumsi karena keberadaannya yang mudah ditemukan dan harganya yang cukup terbilang murah, selain itu banyak kandungan protein yang ada pada telur tersebut.

Diketahui telur memiliki kandungan nutrisi yang kaya, diantaranya protein, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin D, lemak, omega-3, mineral, zat besi, zink, kalsium, dan juga kalium.

BACA JUGA: 9 Makanan Rendah Kalori Bantu Diet Sehat Kamu!

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsi telur maka energi yang kamu miliki dapat bertahan hingga setengah hari, yang menjadi pertanyaan apakah benar dengan sering mengonsumi telur dapat menyebabkan kolesterol tinggi?

Mengonsumsi telur dapat memicu kolesterol tinggi merupakan pernyataan yang sepenuhnya tidak salah, karena perlu diketahui bahwa satu butir telur sendiri memiliki kandungan kolesterol mencapai 185 hingga 200 ml, sedangkan tubuh manusia memiliki kebutuhan asupan kolesterol maksimalnua sebesar 300 ml.

Oleh sebab itu, pernyataan telur dapat sebabkan kolesterol tinggi tidak sepenuhnya salah karena jika kamu mengonsumsi lebih dari satu, maka kandungan kolesterol kamu sudah melebihi batas maksimalnya.

Kolesterol sendiri akan semakin bertambah dengan asupan dari makanan lain, dengan begitu kamu perlu memperhatikan apa saja yang kamu konsumsi, karena kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan risiko penyakit stroke atau masalah lain seperti kardiovaskular.

BACA JUGA: Menjadi Hidangan Olahan Favorit, Ini 6 Manfaat Terong Ungu!

Berikut ini beberapa makanan lain yang dapat memicu kolesterol tinggi, diantaranya:

  • Jeroan
  • Keju
  • Mentega
  • Daging berlemak
  • Kulit ayam
  • Es krim

Untuk menjaga asupan kolesterol, disarankan kamu hanya perlu mengonsumsi telur tidak lebih dari satu butir untuk tiap harinya. Namun, kamu bisa meminimalisir dengan hanya memakan bagian putihnya saja, akrena telur bagian kuningnnya yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan