Jelang Pemilu 2024: Wapres Imbau TNI-Polri Ketatkan Pengamanan!

JABAR EKSPRES – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin telah mengingatkan jajaran TNI-Polri agar selalu siaga dalam menjaga keamanan menghadapi berbagai ancaman dan kerawanan yang bisa muncul menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.

Pada sebuah kuliah umum yang dihadiri oleh Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV dan Program Pendidikan Singkat (PPSA) XXIV pada Selasa, 25 Juli 2023 siang, di Gedung Dwi Warna Lemhannas RI, Jakarta, Wapres Ma’ruf Amin menyatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah bersama TNI dan Polri harus menjadi pendukung suksesnya Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Pemerintah Pusat dan Daerah, beserta TNI dan Polri menjadi elemen pendukung keberhasilan Pemilu dan Pilkada serentak 2024,” ungkap Wapres Ma’ruf Amin, seperti dikutip JabarEkspres.com dari laman Setwapres pada Rabu, 26 Juli 2023.

Baca juga: Catat! Program Pemutihan BBNKB dan PKB hingga 31 Agustus 2023

Wapres menekankan, pentingnya sinergi dan kerjasama antara para pemimpin di tingkat pusat dan daerah, serta TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan perdamaian. Dirinya juga memperingatkan tentang ancaman yang muncul di media sosial yang dapat memecah belah masyarakat.

Dalam arahannya, Wapres menyampaikan empat pesan. Pertama, situasi global yang dinamis akan berdampak pada situasi dalam negeri. Pemimpin dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan cepat dalam menghadapi isu-isu global yang semakin kompleks. Kemudian, Wapres menyebut pentingnya memperkuat kerja sama dan dialog di kawasan, khususnya di Asia Pasifik.

Kedua, Wapres mengajak para peserta hadir untuk menjadi pemimpin yang inklusif, memiliki wawasan kebangsaan, dan mampu menjaga harmoni dalam masyarakat yang beragam. Dia mendorong penerapan moderasi dan narasi-narasi damai, termasuk dalam penggunaan media sosial.

Ketiga, Wapres berpesan agar para pemimpin dapat mengoptimalkan potensi dan talenta orang-orang yang dipimpinnya. Setiap individu memiliki kekuatan, pikiran, dan bakat unik yang dapat memberikan sumbangan bagi kemajuan bangsa.

Keempat, Wapres menegaskan pentingnya memegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa. Nilai-nilai luhur Pancasila harus menjadi panduan dalam kepemimpinan dan diterapkan di semua jajaran pemerintahan.

Dalam keseluruhan arahannya, Wapres menekankan pentingnya peran pemimpin dalam membangun kepercayaan sosial, merajut persaudaraan, serta menghadapi dan memberantas ancaman seperti penyebaran hoaks. Semua pesan tersebut diharapkan dapat membantu menciptakan situasi yang aman dan damai selama masa Pemilu dan Pilkada 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan