Memperkenalkan Literasi dan Keberagaman Budaya bagi Anak!

JABAR EKSPRES – Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) telah mengadakan sebuah acara kolaborasi bersama Lontara App untuk memperkenalkan literasi sejak dini kepada anak-anak. Acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan buku anak Seri Keberagaman yang diproduksi oleh Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Dra. Kalarensi Naibaho, M.Hum, Pustakawan UI, berharap bahwa acara tersebut akan membawa pemahaman dan penghargaan terhadap keberagaman budaya Indonesia bagi anak-anak.

“Melalui acara ini, kami berharap dapat membawa literasi sejak dini kepada anak-anak, serta meningkatkan pemahaman dan penghargaan mereka terhadap keberagaman budaya Indonesia,” kata Pustakawan UI Dra. Kalarensi Naibaho, M.Hum. Dikutip Jabar Ekspres dari Antaranews.

Baca Juga: Bantuan Pendidikan Swasta Riau untuk Siswa Kurang Mampu!

Kegiatan ini tidak hanya sekadar peluncuran buku, tetapi juga diadakan lomba yang bertujuan untuk mendorong pemahaman dan penghargaan terhadap keragaman budaya di antara sesama. Kolaborasi antara Perpustakaan UI, Lontara App, dan Program Studi Indonesia FIB UI diapresiasi karena telah menciptakan sebuah acara yang menyenangkan dan edukatif untuk anak-anak.

Salah satu rangkaian acara yang menarik adalah tur perpustakaan yang memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengenal fasilitas Perpustakaan UI dan meningkatkan pemahaman tentang pentingnya membaca dan literasi. Tur ini diharapkan memberikan pengalaman edukatif yang menyenangkan dengan menjelajahi koleksi Perpustakaan UI dan menemukan keajaiban literasi yang tersembunyi di dalamnya.

Acara ini juga diadakan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional dengan tajuk “Jelajah Dunia Dongeng.” Berbagai kegiatan menarik diselenggarakan, termasuk peluncuran buku anak “Seri Keberagaman” dari FIB UI. Sesi mendongeng yang disampaikan oleh narator berpengalaman, Kak Tiwi dan Kak Bonchi, memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan minat baca sejak dini, meningkatkan imajinasi, dan keterampilan bahasa.

Selain itu, lomba menggambar dengan tema keberagaman juga diadakan dalam acara ini. Ini adalah kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menggambarkan gagasan tentang keberagaman budaya melalui gambar.

Baca Juga: Bantuan Seragam Sekolah dan Zakat Konsumtif di Siak, Riau

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan