Bantuan Seragam Sekolah dan Zakat Konsumtif di Siak, Riau

JABAR EKSPRES – Baznas Kabupaten Siak, Provinsi Riau, telah melaksanakan program bantuan seragam sekolah bagi 300 siswa/siswi dari kalangan peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi beban biaya pendidikan bagi keluarga PKH yang berpenghasilan rendah. Pemerintah Kabupaten Siak juga berkontribusi dengan menyerahkan bantuan berupa alat-alat tulis sekolah. Selain itu, upaya pemberdayaan dan penanggulangan kemiskinan ekstrem juga dilakukan melalui pemberian zakat pola konsumtif kepada 40 mustahik.

“Kami membantu seragam sekolah bagi 300 siswa keluarga PKH. Kemudian Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Siak juga menyerahkan bantuan berupa alat-alat tulis sekolah,” kata Ketua Baznas Siak. Dikutip Jabar Ekspres dari Antaranews.

Baca Juga: Kontingen UIN Raden Fatah Sabet Prestasi Gemilang di PKM III PTKIN 2024

Ketua Baznas Siak, Samparis Bin Tatan, menyatakan bahwa bantuan seragam sekolah dan zakat konsumtif ini penting dalam pengendalian inflasi dan penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayah Kabupaten Siak. Bupati Siak, Alfedri, mengapresiasi Baznas Siak atas komitmen dan upaya nyata dalam mengentaskan kemiskinan serta mengurangi tingkat inflasi di daerah ini. Berbagai program yang diluncurkan oleh Baznas Kabupaten Siak telah dirasakan manfaatnya oleh para mustahik, yang menerima bantuan langsung dari data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dalam upaya menurunkan tingkat inflasi dan kemiskinan ekstrim, Baznas Siak berperan aktif dan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Hal ini menyebabkan inflasi di Kabupaten Siak berada di bawah angka nasional dan Provinsi Riau. Bantuan yang diberikan kepada mustahik, berupa paket sembilan bahan pokok, memberikan dampak positif bagi kehidupan mereka yang membutuhkan.

Alfedri, selaku Bupati Siak dan mantan Ketua Baznas Siak, juga berpesan kepada para mustahik agar selalu mendoakan para muzakki yang telah membayar zakat. Dia berharap doa tersebut akan menjadi berkah bagi para muzakki, dan para mustahik juga didoakan agar rezekinya dilancarkan oleh Allah SWT sehingga ke depannya mereka dapat menjadi pemberi zakat (muzakki).

Baca Juga: Unimed Seleksi Mandiri 2023 dan Program Studi Paling Diminati!

Dengan adanya program bantuan seragam sekolah dan zakat konsumtif dari Baznas Siak, diharapkan beban ekonomi bagi keluarga PKH dan mustahik dapat berkurang. Dukungan pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pengurangan inflasi menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semoga keberlanjutan program-program seperti ini dapat terus memberikan manfaat yang signifikan bagi penerima manfaat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup di Kabupaten Siak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan