6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Meski Bekerja di Depan Layar Komputer Seharian!

JABAR EKSPRES – Seharian bekerja menatap layar komputer atau gadget pasti membuat mata merasa lelah. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata demi mencegah timbulnya penyakit yang bisa membahayakan penglihatan.

Masalah mata lelah yang timbul akibat penggunaan komputer ini biasa dikenal dengan sebutan computer vision syndrome (CVS). Pada kondisi ini akan muncul gejala mata lelah akibat menatap layar komputer dalam waktu yang lama.

Saat menatap layar computer, otot mata akan secara otomatis bekerja lebih keras. Hal ini disebabkan adanya perubahan fokus yang terus-menerus muncul dari mulai tulisan, gambar, hingga berbagai gerakan pada layar.

Orang yang terus menatap layar komputer juga akan cenderung lebih sedikit berkedip dari biasanya yang akan membuat mata lebih cepat kering.

Gejala mata lelah biasanya ditandai dengan penglihatan yang memburam atau berbayang, menunjukkan mata merah, mata kering, sakit atau sensitif saat melihat cahaya terang, sulit fokus, hingga sakit kepala dan timbul rasa tidak nyaman pada area leher maupun punggung.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan mata meskipun bekerja dengan menatap layar seharian? Simak tipsnya berikut ini.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata, Tips Merawat Mata dengan Baik

Tips Menjaga Kesehatan Mata

1. Istirahatkan Mata Secara Teratur

Adanya jeda yang teratur sangat penting untuk merelaksasi mata kamu. Setiap 20-30 menit, cobalah untuk melihat ke arah yang berbeda selama 20 detik. Fokuskan pandangan kamu pada objek yang jauh dari jarak pandang. Hal ini membantu mengurangi ketegangan pada otot mata dan meminimalkan kelelahan mata.

2. Praktikkan Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 mengacu pada melihat objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik setiap 20 menit. Ini membantu mengurangi beban mata dan memberikan kesempatan bagi mata kamu untuk beristirahat dari fokus yang terus-menerus pada layar.

3. Sesuaikan Pencahayaan

Pastikan ruangan tempat bekerja memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari menerangi layar komputer dengan cahaya yang terlalu terang atau terlalu redup. Sebaiknya, gunakan pencahayaan yang merata di seluruh ruangan. Juga, hindari pantulan langsung dari jendela atau sumber cahaya lainnya pada layar komputer.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan