Anggota Polsek Sumedang Bertani Anggur, Jadi Pilihan Bisnis yang Menjanjikan Jelang Pensiun

“Kalau dibandingkan dengan mengurus ikan dan ayam, menanam anggur dengan segala perawatanya bisa memangkas modal setengahnya bahkan lebih irit. Perawatan gak ribet, santai dan lebih dapat dinikmati. Maka lahan ini semua akan dijadikan kebun anggur nanti” Tandasnya seraya menunjuk ke lahan taninya, Kamis, 13 Juli 2023 di kebun anggur Dusun Margacinta, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan.

Tips Mudah Tanam Buah Anggur

Bagi para pemula, sebelumnya ketahui terlebih dahulu jenis anggur apa yang akan di tanam, karena setiap jenis akan berbeda lama kebiasaan berbuahnya. Kemudian, siapkan lahan tanam dengan tanah sekitar 20% saja, sisanya sekam bakar dan pupuk organik seperti kotoran domba.

Asep menyarankan agar setelah pohon atau bibit ditanam di media tanam, maka selanjutnya adalah proses pencetakan batang primer. Bisa di sesuaikan, bisa menggunakan nutrisi kimia dan lainya, yang jelas untuk pemupukan dilakukan 1 minggu 1 kali.

“Penyiraman itu kondisional, lihat saja itu media tanamnya, kalau sudah kering atau kurang air baru disiram. Kemudian lakukan pemupukan 1 minggu 1 kali, selang-seling organik dan kimia,” ujar Asep.

Lalu, disarankan juga bagi pemula agar menanam anggur jenis ninel, karena selain mudah lama pembuahanya cenderung lebih cepat dibandingkan anggur jenis lain.

BACA JUGA: Sukses Tanam Anggur di Rumah, Haris Warga Sumedang Kini Mulai Lebarkan Sayap di Dunia Bisnis

“Kalau ninel dari bunga sampai bisa dikonsumsi atau matang, itu sekitar 120 hari. Kalau jupiter 3 bulan, Tamaki 90 hari, dan seterusnya,” jelasnya.

Selanjutnya, perlu diperhatikan juga ketika batang primer sudah ada, maka selanjutnya pembentukan batang skunder. Dari batang akunder tersebut baru bisa diarahkan rambatanya sehingga keluar lagi batang tersier.

“Kalau kondisi sudah keluar batang tersier, maka tinggal penuaan batang caranya di gunting ujung-ujung batang dan daun yang tidak tumbuh bagus. Istilahnya di cutting, kalau pemotonganya banyak itu istilahnya pruning” tandasnya.

Asep memastikan jika tahapan terus dipelajari, komunikasi dengan pohonya dilakukan dengan benar, pupuk terpenuhi, Menananm anggur itu akan menjadi kegiatan yang mengasyikan dan sangat gampang. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan