Polisi dan DLHK Lakukan Aksi Bebersih di TPA Cipayung

JABAR EKSPRES – Kapolres Metro Depok Kombes Ahmad Fuady berserta jajaran, berkolaborasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melakukan kegiatan bersih-bersih pada beberapa titik sampah di Kota Depok.

Kombes Ahmad Fuady mengatakan, permasalahan sampah ini juga menjadi permasalahan sosial, di Kota Depok sehingga pihaknya melakukan giat bersih-bersih dibantu dengan DLHK Depok pada beberapa lokasi seperti TPA Cipayung, Pasar Cisalak, dan Jalan Margonda.

“Kita lihat beberapa waktu lalu ada viral terkait penanganan sampah, kita langsung lihat kondisinya di TPA Cipayung ini. Memang kondisinya sudah sangat overload, jadi untuk menangani permasalahan sampah yang ada di Kota Depok ini memang perlu waktu,” ujar Kombes Ahmad Fuady di TPA Cipayung, Kamis (13/7).

BACA JUGA: Pemkot Depok Luncurkan Pa De Daman untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah!

Dirinya menjelaskan, antrean kendaraan untuk membuang sampah pun butuh waktu, sehingga mobil pengangkut sampah harus antre berjam-jam.

“Mungkin kita bisa lihat antrean kendaraan untuk membuang sampah dan dikelola dengan baik itu butuh waktu, karena dari mulai masuk kendaraan sampah hingga ke TPA Cipayung butuh waktu kurang lebih sekitar 10 jam atau lebih dari 8 jam. Ini perlu menjadi penanganan dari kita bersama,” jelas Ahmad Fuady.

Kemudian, Ahmad Fuady mencontohkan seperti situasi Jalan Margonda yang kalau hujan terjadi genangan. Itu kemungkinan terjadi karena adanya sampah yang tersumbat di gorong-gorong.

“Hal itu juga akan menjadi concern kita supaya sampah-sampah itu bisa diangkut dan dibuang, sehingga arus air yang ada di menggenangi Jalan Margonda bisa mengalir lancar ke gorong-gorong,” ucap Ahmad Fuady.

Lebih lanjut, Ahmad Fuady menuturkan, pihaknya akan terus mendukung Pemerintah Kota Depok terhadap upaya aksi kebersihan dan penanganan sampah seperti apa yang dilakukan hari ini.

“Mudah-mudahan kedepan akan terus kita laksanakan dalam rangka mewujudkan Kota Depok yang bersih, terbebas dari sampah,” papar Ahmad Fuady.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadis) DLHK Kota Depok, Abdul Rahman mengatakan, ini merupakan satu momentum adanya kolaborasi antara Polri dan Pemerintah. Dalam hal ini, program bersih-bersih yang langsung ditindaklanjuti oleh Polres Metro Depok dengan melakukan aksi bersih-bersih bersama dengan Pemerintah Kota Depok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan