Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Gratis dalam Beberapa Minggu, Cek Tarifnya

JABAR EKSPRES – Jalan tol Cileunyi – Sumedang Dawuan yang memiliki panjang total 61,6 km telah di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Selasa (11/7/2023). Untuk tarif Tol Cisumdawu di rencanakan akan beroperasi secara gratis dalam waktu dua hingga tiga minggu ke depan.

Saat ini, tol Cisumdawu ini belum di kenakan tarif alias gratis karena masih menunggu keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengenai penetapan tarifnya. Terdapat enam seksi dalam jalan tol ini, di mana tiga seksi sudah beroperasi sebelumnya. Setelah peresmian ini, seluruh seksi dari Cileunyi hingga Dawuan akan di operasikan secara penuh. Sebelumnya, pada bulan Desember 2022, seksi 1-3 tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Cimalaka dengan panjang 32,5 km telah beroperasi.

“Mengikuti kebiasaan kita, tarif tol akan di bebaskan selama dua hingga tiga minggu setelah peresmian, baru kemudian kita akan mulai mengenakan tarif,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya pada Selasa (11/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Menteri juga meminta Badan Usaha Jalan Tol, khususnya PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), untuk melakukan pengecekan akhir terkait kesiapan operasional. Hal ini mencakup pengecekan lampu penerangan dan pembersihan media jalan.

Baca juga : Fakta Tentang Tol Cisumdawu, Siap-Siap Untuk ‘Ngacir’! Bandung-Kertajati Cuma 40 Menit!

Berdasarkan laporan dari Detik Jabar, tarif tol per kilometer untuk ruas tol Cisumdawu di tetapkan sebesar Rp 1.275 per kilometer. Dengan demikian, jika tarif tol untuk seluruh ruas ini di hitung, maka mencapai Rp 78.540 dari Cileunyi hingga Dawuan.

Sebelumnya, jalan tol Cisumdawu telah beroperasi dengan seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 km) sejak Januari 2022. Di lanjutkan dengan seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 km) dan seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 km) yang beroperasi sejak Desember 2022 untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama masa Nataru 2022/2023.

Setelah di resmikan hari ini, seksi 4-6 Cimalaka – Dawuan (29,3 km) juga sudah di buka secara fungsional saat musim mudik Lebaran 2023.

Pemerintah telah menetapkan tarif untuk pengoperasian tol Cisumdawu seksi 1-3 pada hari Selasa (28/2/2023). Berikut adalah tarif yang telah di tetapkan mulai dari Cileunyi hingga Cimalaka, dengan tarif termurah bagi golongan I sebesar Rp 5.000 hingga Rp 41.500.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan