6 Nyawa Melayang Akibat Jatuhnya Helikopter Dekat Gunung Everest

JABAR EKSPRES – Suasana duka menyelimuti kawasan Lamajura, dekat Gunung Everest di Nepal, setelah sebuah helikopter jatuh dan menewaskan enam orang penumpang.

Berdasarkan laporan dari VOA Indonesia, Basanta Bhattarai, kepala administrasi pemerintahan di daerah tersebut, mengonfirmasi bahwa semua jasad korban telah ditemukan dan diterbangkan ke luar daerah.

Dalam pernyataan resmi, Otoritas Penerbangan Sipil Nepal menyatakan bahwa para korban terdiri dari lima turis warga negara Meksiko dan seorang pilot asal Nepal. Kelima turis Meksiko itu terdiri dari dua laki-laki dan tiga perempuan.

Baca Juga: Ribuan Mahasiswa Indonesia Ganti Kewarganegaraan Jadi Singapura, Apa Sebabnya?

Proses evakuasi dilakukan dengan menggunakan dua helikopter penyelamat untuk mengangkut jasad korban dari lokasi kecelakaan menuju ibu kota, Kathmandu. Dilaporkan bahwa dokter akan melakukan otopsi sebelum jasad korban diserahkan kepada keluarga atau, dalam kasus turis asing, kepada petugas kedutaan.

Helikopter tersebut sebelumnya mengangkut para turis dalam perjalanan wisata menuju puncak tertinggi dunia sebelum kembali ke Kathmandu pada Selasa pagi.

Baca Juga: Hujan Deras Picu Longsor di Jepang, 1 Meninggal dan 3 Orang Menghilang

Namun, penyebab pasti kecelakaan tersebut masih belum jelas. Pejabat bandara, Sagar Kadel, mengungkapkan bahwa kondisi cuaca yang buruk telah memaksa perubahan rute penerbangan helikopter.

Terkait dengan kondisi cuaca di Nepal, pada musim hujan dan saat hujan lebat, seringkali terjadi penundaan penerbangan dan perubahan rute. Musim turis dan pendakian gunung di kawasan tersebut biasanya berakhir pada bulan Mei, bersamaan dengan dimulainya musim hujan.

Pada musim hujan, penerbangan ke pegunungan menjadi jarang terjadi karena jarak pandang yang buruk dan kondisi cuaca yang sulit diprediksi.

Jatuhnya helikopter di gunung everest menyisakan duka mendalam bagi kita semua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan