Mengenal Yamaha RX King, Motor Tua yang Tetap Eksis Hingga Sekarang

JABAR EKSPRES – Siapa yang tidak kenal dengan motor dua tak sang raja jalanan, Yamaha RX King. Motor berdesain sport ini merupakan hasil dari pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Mengingat kelahiranya, Yamaha RX King bisa terbilang cukup tua. Dan jika dilihat dari eksistensinya, motor inipun layak dibilang motor terpanjang umur sepanjang masa.

Berdasarkan data yang dihimpun Jabar Ekspres, Sabtu 8 Juli 2023. Motor Yamaha ini lahir sejak tahun 1977 pada generasi pertamanya dengan nama RX100.

BACA JUGA: Honda Matic Premium Day Hibur dan Manjakan Warga Bekasi

Terus berevolusi dengan berbagai desain dan pembaharuan, pihak Yamaha berhenti berinovasi pada motor ini sekitar tahun 2022, tahun di mana Yamaha RX King telah melewati inovasi hingga generasi kesepuluh.

Meski motor ini telah lama tidak lagi diproduksi, namun fakta memperlihatkan bahwa sampai hari ini masih saja terlihat rombongan atau segelintir pemotor yang masih asyik menunggangi Yamaha RX King di jalan raya, khususnya di Kabupaten Sumedang.

Bahkan, dalam acara tertentu, seperti peringatan ulang tahun komunitas, Yamaha RX King seperti tidak bisa punah hanya karena hitungan waktu.

BACA JUGA: Tampil Semakin Gagah, CB650R Hadir dengan Nuansa Baru

Kelebihan dan Kekurangan Yamaha RX King

Lantas, apa sebenarnya keunggulan dari motor Yamaha RX King ini ?

Dari hasil diskusi bersama salah satu Servis Advisor dealer resmi Yamaha, Asep Riana di Sumedang menerangkan, beberapa keunggulan yang dimiliki oleh motor tua dua tak Yamaha RX KING, yaitu:

1. Tarikan kencang

Mengacu pada kelebihan dan kekurangan RX King, meski punya konsumsi BBM yang boros. Namun urusan tenaga, motor ini patut diacungi jempol.

Mesin berkapasitas 135cc 2-tak itu dikenal kencang. Tenaga yang dihasilkan bahkan mampu memacu adrenalin ketika ditunggangi.

Maka tak heran, jika Yamaha RX King kerap jadi pilihan banyak orang yang membutuhkan sepeda motor dengan performa terbaik.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Transmisi Susah Pindah Gigi ke Netral

2. Knalpot bising

Lebih jauh membahas kelebihan dan kekurangan RX King, motor ini identik dengan suara yang bising. Hal ini diklaim mengganggu pengguna jalan lain, maupun ketika melintas di jalan perumahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan