Limbah PT Sansan Saudaratex Jaya Diduga Bocor, DLH Kota Cimahi Turun Tangan

JABAR EKSPRESLimbah cair diduga berasal dari kebocoran di PT Sansan Saudaratex Jaya di wilayah Cibaligo, Kelurhan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat. Kebocoran limbah belum lama ini diketahui warga sekitar. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi pun angkat bicara.

DLH Kota Cimahi juga menyoroti kepanikan warga saat mengetahui ada limbah cair yang diduga berasal dari kebocoran di PT Sansan Saudaratex Jaya Cimahi. Lantaran limbah cair tersebut meluber dari bak penampungan ke lingkungan warga sekitar.

Peristiwa meluapnya limbah cair yang diduga berasal dari kebocoran di PT Sansan Saudaratex Jaya juga diakui oleh Sub Koordinator Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan DLH, Kota Cimahi Lucky Sugih Maulidin. Ia mengaku sudah menerima laporan tersebut dan langsung turun ke lokasi. Pihaknya telah meminta perusahaan untuk segera menutup dan memperbaiki kebocoran limbah cair tersebut.

BACA JUGA: Peringatkan 12 Penunggak Pajak Segera Bayar Tunggakan, Bapenda Kota Cimahi: Mereka Kooperatif dan Komitmen

“Sudah kami tindak lanjuti, itu ada permasalahan di IPAL-nya, ada yang lepas pipanya sehingga limbahnya keluar. Kebocorannya tidak berlangsung lama, mungkin setengah jam. Itu (limbah) memang dampaknya meluber,” kata Lucky saat dikonfirmasi JabarEkspres.com pada Jumat, 7 Juli 2023.

Pihaknya juga mengaku sudah berkordinasi dengan Satgas Citarum sub 21 untuk menindaklanjuti laporan dari warga terkait dugaan kebocoran limbah di PT Sansan tersebut.

“Kami tiba di lokasi, dari Satgas Citarum juga sama-sama tiba. Langsung di tindaklanjuti dan kami segera meminta pihak perusahaan untuk secepatnya memperbaiki kerusakan tersebut,” kata Lucky, melanjutkan.

BACA JUGA: Bapenda dan Kejari Kota Cimahi Bentangkan Spanduk, Ingatkan Wajib Pajak agar Tak Menunggak Pembayaran

Sementara itu, saat dikonfirmasi, pihak perusahaan sulit ditemui. Mereka menolak memberikan keterangan terkait dugaan kebocoran limbah tersebut.
“Harus buat janji dulu pak, silahkan tinggalkan nomor kontak nanti dihubungi oleh pihak humasnya,” kata salah satu pihak keamanan di pos jaga PT Sansan Saudaratex Jaya.

Pemerhati lingkungan, Tedi mendesak agar pihak berwenang segera menelusuri penyebab kejadin bocornya limbah cair yang diduga milik PT Sansan Saudaratex tersebut. Ia bahkan meminta agar permasalahan tersebut segera diselesaikan. Menurutnya, jangan sampai kendornya pengawasan mempengaruhi citra buruk komitmen program Citarum Harum.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan