Polisi Prancis Selidiki Kasus Penembakan Bocah 17 Tahun di Paris

JABAR EKSPRES- Seorang anggota polisi yang menembak mati seorang remaja berusia 17 tahun di pinggiran kota Paris sedang diselidiki secara resmi atas tuduhan “pembunuhan sukarela” setelah penembakan yang fatal itu memicu kemarahan yang meluas dan kerusuhan selama dua malam.

Ribuan orang mengikuti upacara peringatan pada hari Kamis untuk menuntut keadilan bagi Nahel, yang ditembak mati pada hari Selasa oleh polisi saat berhenti di lampu lalu lintas di Nanterre. Protes tersebut berakhir dengan polisi menggunakan gas air mata dan beberapa mobil dibakar.

Jaksa Penuntut Nanterre, Pascal Prache, mengungkapkan pada hari Kamis bahwa penyelidikan awal membuatnya menyimpulkan bahwa “kondisi penggunaan senjata secara sah tidak terpenuhi” dalam penembakan tersebut.

Dalam konteks hukum Prancis, diselidiki secara resmi berarti bahwa hakim penyelidik memiliki dasar yang kuat untuk mencurigai adanya tindak pidana. Namun, proses ini memberikan waktu untuk penyelidikan lebih lanjut sebelum keputusan diambil mengenai apakah kasus tersebut akan diajukan ke pengadilan.

Petugas polisi telah ditahan sementara, menurut kantor kejaksaan.

Penembakan terhadap remaja tersebut terekam dalam video dan memperburuk ketegangan yang sudah lama terjadi antara polisi dan para pemuda di lingkungan yang kurang beruntung, di mana kasus pembunuhan ini dianggap sebagai contoh kekerasan polisi. Di Prancis, muncul kekhawatiran terhadap taktik polisi, terutama terhadap pemuda dari minoritas non-kulit putih.

Protes telah meluas di seluruh Prancis, dengan 150 orang ditangkap dalam semalam. Otoritas setempat di Clamart, pinggiran Paris, mengumumkan pemberlakuan jam malam mulai pukul 21:00 (19:00 GMT) hingga 06:00 (04:00 GMT) mulai dari Kamis hingga Senin.

Lebih dari 40.000 petugas polisi telah dikerahkan
Setelah pertemuan krisis pagi, Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengumumkan peningkatan jumlah petugas polisi yang dikerahkan, dari 9.000 menjadi 40.000. Di wilayah Paris saja, jumlah petugas yang dikerahkan akan lebih dari dua kali lipat menjadi 5.000.

“Para pengacau harus pulang,” kata Darmanin.

Meskipun belum ada kebutuhan untuk mengumumkan keadaan darurat, yang sebelumnya dilakukan untuk meredam kerusuhan selama berminggu-minggu pada tahun 2005, Darmanin menambahkan, “Tanggapan negara akan sangat tegas.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan