Aktivis Terkenal Christine King, Kakak Martin Luther King Meninggal, Dunia Berduka!

JABAR EKSPRES – Christine King Farris, aktivis yang juga merupakan saudara perempuan Martin Luther King Jr, telah berpulang pada hari Kamis (29/6) yang lalu. King Center telah mengkonfirmasi kabar tersebut dan menyatakan bahwa Farris meninggal dengan tenang di Atlanta, Georgia, di tengah keluarganya, dalam usia 95 tahun.

Sepanjang hidupnya, Farris telah terlibat dalam peristiwa bersejarah gerakan hak-hak sipil, termasuk berpartisipasi dalam pawai tahun 1965 dari Selma ke Montgomery, Alabama, dan juga March Against Fear di Mississippi pada tahun 1966.

Setelah kematian Martin Luther King Jr di tangan pelaku segregasi terkenal, James Earl Ray, pada tahun 1968 di Memphis, Tennessee, Farris bersama dengan Coretta Scott King mendirikan King Center for Nonviolent Social Change di Atlanta.

Baca Juga: Sebanyak 1.384 WNI di Thailand Laksanakan Salat Idul Adha Bersama KBRI Bangkok

Farris juga menjadi bagian dari delegasi yang pergi ke Washington pada tahun 2011 untuk menghadiri upacara pembangunan monumen Martin Luther King Jr di National Mall.

Willie Christine King, demikian nama lengkap aktivis ini, lahir pada tanggal 11 September 1927 di Atlanta. Ia meraih gelar sarjana ekonomi dari Spelman College pada tahun 1948 dan melanjutkan studinya di Universitas Columbia New York, di mana ia mendapatkan dua gelar master dalam pendidikan.

Selama bertahun-tahun, Farris menjadi pendidik di Spelman dan menjabat sebagai direktur Learning Resources Center hingga ia pensiun pada tahun 2014. Pada tahun 2003, Christine King Farris menerbitkan sebuah memoar yang menceritakan masa kecilnya dan bagaimana ia dibesarkan bersama kakaknya.

Farris menikah dengan Isaac Newton Farris Sr selama 57 tahun hingga suaminya meninggal pada tahun 2017. Pasangan tersebut memiliki dua anak, Isaac Newton Farris Jr dan Angela Farris Watkins.

Kabar duka atas kepergian Christine King Farris juga mengingatkan kita bahwa ketiga anak mendiang Martin Isaac Luther King Sr telah meninggal dunia. Salah satunya adalah Alfred Daniel Williams King, yang meninggal pada tahun 1969 akibat kecelakaan tenggelam di kolam renang saat berusia 39 tahun.

Tinggalkan Balasan