Rekomendasi Olahan Daging Tanpa Santan: Resep Soto Tauto Khas Pekalongan

JABAR EKSPRES – Hari Raya Idul Adha telah-tiba, aneka menu lebaran biasanya akan tersaji diatas meja. Bila kamu bosan mengolah daging yang hanya dimasak itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba resep soto tauto Pekalongan ini.

Olahan daging paling familiar adalah dibuat rendang, gulai, kari atau sate. Hampir semua orang mengolah daging dengan cara tersebut, namun kamu tidak perlu cemas jika tidak menginginkannya. Karena ada menu istimewa lain dari daging yakni soto tauto khas dari Pekalongan.

Istilah Tauto dari Pekalongan ini sesunggungguhnya merupakan singkatan, yakni tauco soto menjadi tauto. Sesuai namanya, soto yang satu ini kuahnya dibuat dengan menggunakan bumbu tauco.

Soto Tauco banyak didapati di wilayah pantura barat, seperti Tegal, Slawi hingga Pekalongan. Biasanya menggunakan istilah Soto SLawi atau Sauto Tegal.

Bedanya, Soto di Pekalongan ini kuahnya berwarna merah, karena tauchonya dibuat dengan mencampurkan banyak cabai merah sehingga memberikan warna yang cantik namun tidak pedas.

Cita rasa Tauto Pekalongan ini sedikit pedas dan manis. Dahulu, hidangan ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan dasar. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu, daging kerbau juga bisa diganti menjadi daging sapi.

Baca juga : Gak Pake Lama, ini Tips Rahasia Masak Daging Kurban Empuk dan Hemat Gas

Baik pada daging kerbau mapun daging sapi, bagian daging yang digunakan untuk membuat tauto adalah daging sandung lamur atau yang biasa disebut dengan daging brisket.

Daging yang terletak di bagian bawah dada ini memang cocok digunakan untuk makanan berkuah karena teksturnya yang lembut dan mengandung banyak lemak. Kuliner khas Pekalongan ini bisa disajikan bersama dengan nasi ataupun lontong.

Untuk kamu yang ingin mencoba rekomendasi yang satu ini bila bosan dengan menu olahan daging yang lain, kamu bisa melihat resep dibawah ini :

Resep Tauto Pekalongan

Bahan-bahan

Daging sapi – 500 gram
Serai – 4 batang
Jahe – 3 cm
Lengkuas – 4 cm
Daun jeruk – 4 lembar
Daun salam – 3 lembar
Tauco – 4 sdm
Garam – 2 sdm
Kecap manis – 2 sdm
Air – 2 liter
Minyak, untuk menumis – 3 sdm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan