Keistimewaan Puasa Arofah Sebelum Hari Raya Idul Adha, Bisa Hapus Dosa 2 Tahun

JABAR EKSPRES – Puasa Arofah yang dilakanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Hari Raya Idul Adha, merupakan puasa sunah yang dianjurkan untuk orang yang tidak menjalankan ibadah haji.

Puasa Arofah ini merupakan puasa sunnah dengan keutamaan yang luar biasa, bahkan bisa dibilang, menjadi puasa sunah dengan tingkat keistimewaan tertinggi dibanding puasa lainnya, seperti puasa tarwiyah atau puasa asyuro dibulan Muharram.

Bagi orang yang berhaji, puasa Arofah tidak dianjurkan, hal ini seperti dijelaskan dalam sebuah hadits berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَفْطَرَ بِعَرَفَةَ وَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ أُمُّ الْفَضْلِ بِلَبَنٍ فَشَرِبَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berpuasa ketika di Arafah. Ketika itu beliau disuguhkan minuman susu, beliau pun meminumnya.” (HR. Tirmidzi no. 750)

Baca juga :  Waktu Terbaik Takbiran Idul Adha Lengkap dengan Bacaannya

Selain hadits diatas, ada juga hadits yang menerangkan tentang puasa Arafah di Arafah, yakni diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar :

حَجَجْتُ مَعَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ أَبِى بَكْرٍ فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ عُمَرَ فَلَمْ يَصُمْهُ وَمَعَ عُثْمَانَ فَلَمْ يَصُمْهُ. وَأَنَا لاَ أَصُومُهُ وَلاَ آمُرُ بِهِ وَلاَ أَنْهَى عَنْهُ

“Aku pernah berhaji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau tidak menunaikan puasa pada hari Arofah. Aku pun pernah berhaji bersama Abu Bakr, beliau pun tidak berpuasa ketika itu. Begitu pula dengan ‘Utsman, beliau tidak berpuasa ketika itu. Aku pun tidak mengerjakan puasa Arofah ketika itu. Aku pun tidak memerintahkan orang lain untuk melakukannya. Aku pun tidak melarang jika ada yang melakukannya.” (HR. Tirmidzi no. 751)

Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan puasa arofah sangat diistimewakan, karena hanya dengan puasa sehari di tanggal 9 Dzulhijjah, kita akan dapat menghapus dosa selama dua tahun.

Hal ini berdasarkan hadits Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”(HR. Muslim no. 1162, dari Abu Qotadah)

Baca juga :  Tata Cara dan Niat Sholat Idul Adha, Perhatikan Takbirnya

Hadits ini menunjukkan bahwa puasa Arafah lebih utama daripada puasa ‘Asyuro.

Di antara alasannya, Puasa Asyuro berasal dari Nabi Musa, sedangkan puasa Arofah berasal dari Nabi kita Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam.(Lihat Fathul Bari, 6/286)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan