Tips Mudah Menjalankan Puasa Sunnah Agar Menjadi Kebiasaan

JABAR EKSPRES – Kebiasaan menjalankan puasa sunnah dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat. Bukan hanya manfaat secara spiritual sebagai perintah agama, namun banyak juga manfaat dalam kesehatan. Ada beberapa tips agar bisa menjalankan puasa sunnah dengan mudah hingga jadi kebiasaan.

Membiasakan diri merasa lapar dalam bentuk puasa sunah, akan sangat berbeda kondisinya dengan rasa lapar karena menunda makan.

Meski sama-sama merasa lapar, namun kondisi lapar karena puasa lebih menyehatkan dari pada puasa karena menunda makan yang justru membahayakan bagi kesehatan.

Karenanya membiasakan diri berpuasa akan lebih baik bagi kondisi tubuh, namun masalahnya, menjalankan puasa sunah akan terasa berat bagi yang tidak terbiasa, meskipun saat Ramadhan bisa menjalankannya selama satu bulan penuh.

Baca juga :Berpahala 1 Tahun Puasa, ini Bacaan Niat Puasa Sunah Syawal

Untuk bisa membiasakan puasa sunah, berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba.

1. Mulai dengan Niat yang Kuat

Tetapkan niat yang kuat dan tulus untuk berpuasa sunnah. Ingatlah bahwa tujuan utamanya adalah mendekatkan diri pada Allah SWT.

2. Mulai dari yang Mudah

Mulailah dengan berpuasa sunnah yang relatif mudah, seperti puasa Senin dan Kamis, atau puasa Ayyamul Bidh (13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriah).

3. Bertahap Meningkatkan Intensitas

Setelah Anda merasa nyaman dengan puasa-puasa yang lebih ringan, pertimbangkan untuk meningkatkan intensitasnya secara bertahap. Misalnya, cobalah puasa Daud (puasa setiap hari selama dua hari dan berbuka satu hari).

4. Jadwalkan dengan Bijak

Tentukan jadwal yang realistis untuk berpuasa sunnah sesuai dengan rutinitas harian Anda. Pastikan bahwa puasa tidak mengganggu kewajiban Anda, seperti waktu untuk belajar, bekerja, atau beristirahat.

5. Minta Dukungan dari Teman dan Keluarga

Berbagi niat Anda untuk berpuasa sunnah dengan teman-teman dan keluarga Anda. Mereka bisa memberikan dukungan moral dan memotivasi Anda untuk tetap konsisten.

6. Tingkatkan Ibadah Lainnya

Selain berpuasa, tingkatkan juga ibadah lainnya seperti shalat, dzikir, dan bacaan Al-Qur’an. Ini akan membantu memperkuat ikatan spiritual Anda dan meningkatkan keinginan untuk berpuasa sunnah.

Baca juga : Jadwal Puasa Sunnah Syawal, Ayyamul Bidh dan Puasa Senin Kamis di Bulan Syawal 1445 H

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan