Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil Versi Otoklix

JABAR EKSPRES – Ketika kamu mencium bau aneh atau warna asap yang keluar dari knalpot berbeda dari biasanya, mungkin terjadi kebocoran oli pada mobilmu. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa berbahaya saat berkendara.

Maka dari itu, simak cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil versi otoklix di bawah ini ya.

Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin

Bicara tentang masalah oli mungkin kamu berpikir harus membongkar mesin untuk mengetahui penyebab kebocoran. Tentunya hal tersebut terasa rumit bagi sebagian orang. Gunakan cara ini untuk mengatasinya ya.

1. Periksa kondisi baut

Pertama, Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil adalah memeriksa kondisi baut. Baut yang sudah lama digunakan, apalagi oleh mobil yang sering digunakan berkendara, bisa kendur atau longgar sehingga menyebabkan oli rembes.

Cara memperbaikinya hanya perlu dikencangkan, jika diperlukan bisa menggunakan kunci. Selain itu, pastikan juga baut tidak terpasang miring. Baut yang terpasang secara tidak benar akan merusak ulir karter. Kalau memang kondisi baut sudah ‘dol’ alias longgar, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

2. Periksa ring mobil

Cara kedua adalah memastikan ring mobil masih terpasang dengan baik. Baut carter oli biasanya memiliki ring yang dapat mencegah oli bocor atau rembes. Kemungkinan penyebab oli rembes adalah ring yang rusak, tidak terpasang dengan benar, atau bahkan hilang.

3. Menggunakan seal tape

Jika tidak ada ring pada karter oli, kamu bisa menggunakan seal tape sebagai penggantinya. Seal tape ini juga dapat mencegah kebocoran atau oli rembes. Caranya cukup mudah, bungkus semua ulir pada baut menggunakan seal tape. Tetapi, gunakan ini sebagai alternatif cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil ya.

4. Menggunakan lem sealer

Cara berikutnya adalah menggunakan lem sealer. Lem ini dapat mengunci katup pada mesin untuk mencegah oli rembes. Caranya adalah menempelkan lem pada sambungan mesin sehingga tidak rawan bocor.

5. Menggunakan lem besi

Selain menggunakan lem sealer, kamu juga bisa menggunakan lem besi. Caranya sama, yaitu mengoleskannya di area yang bocor saja. Tetapi hati-hati terkena kulit ya, karena lem ini bersifat sangat lengket.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan