Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil Versi Otoklix

6. Mengganti paking yang rusak atau segel yang aus

Ada komponen-komponen pada mobil yang memiliki poros dengan sambungan yang berbeda. Sambungan tersebut memiliki gasket agar oli tidak bocor.

Poros yang berputar akan membuat suhunya meningkat drastis, kemudian turun ke titik beku, sehingga gasketnya bisa rusak dan membuat oli rembes. Awalnya mungkin tidak banyak, tetapi lama kelamaan bisa semakin banyak oli yang rembes.

7. Menggunakan sealant oli mesin

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil yang terakhir adalah menggunakan sealant oli mesin. Sealant ini sejenis cairan untuk menutup kebocoran dari dalam. Selain sebagai penutup, sealant ini juga berfungsi sebagai kondisioner yang dapat mengembalikan segel dan paking ke bentuk semula.

Meskipun cara penggunaannya adalah dicampur dengan oli mesin, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena bahan ini tidak merusak kinerja mesin.

Penyebab Oli Rembes

Ada beberapa penyebab oli rembes. Penyebab tersebut sudah dibahas sekilas di atas. Mari kenali lebih rinci mengapa oli bisa rembes.

1. Filter oli yang usang

Penyebab pertama adalah karena filter oli sudah usang. Biasanya membuat posisi filter oli bergeser sehingga oli rembes. Maka dari itu, ganti filter oli setiap mengganti oli mobil untuk menghindari kebocoran oli.

2. Steker pembuangan oli sudah usang

Steker atau penutup oli bisa ditemukan pada bagian bawah wadah oli di bawah mesin mobil. Jika sudah usang atau posisinya tidak tepat, maka oli bisa rembes.

3. Gasket yang usang

Penyebab oli rembes ini paling sering terjadi. Terutama jika mobil sudah berusia tua atau sering digunakan. Sisa-sisa oli dapat menempel dan menumpuk pada gasket dan membuat oli rembes.

Maka dari itu, lakukan cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil ketika mendapati komponen-komponen ini sudah usang ya.

Mengapa Oli Rembes Harus Segera Diatasi?

Oli yang rembes menjadi tanda kerusakan pada mobil kamu. Karena seharusnya oli tetap berada di penampungannya. Oli yang rembes dapat merusak selang karet atau segel, mesin mobil sulit dinyalakan, bahkan berisiko menimbulkan kebakaran.

Tinggalkan Balasan