Paling Mujarab, Inilah Rempah Ajaib Penurun Kadar Kolesterol Jahat

JABAREKSPRES – Siapa sangka, bumbu dapur atau rempah-rempahan yang sering digunakan untuk memasak, ternyata juga ampuh sebagai obat. Beberapa rempah sangat efektif menjadi obat penurun kadar kolesterol dalam darah.

Bukan hanya itu, satu rempah kadang juga memiliki khasiat untuk mengobati beberapa penyakit sekaligus. MIsalnya rempah kunyit, bukan hanya menjadi penurun kolesterol namun juga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan dan mempercepat penyembuhan luka dalam.

Rempah lain juga banyak yang berkhasiat sebagai penurun kolesterol, bahkan ada yang mengombinasikannya menjadi ramuan tradisional yang terdiri dari berbagai mancam rempah dijadikan satu.

Namun banyak juga yang lebih percaya pada satu buah rempah sebagai obat herbal atau tradisional untuk menyembuhkan sebuah penyakit, campuran lainnya biasanya hanya madu, yang berfungsi membuat rasanya lebih bisa diterima oleh lidah.

Orang biasanya mengonsumsi ramuan dari rempah dengan cara diambil sarinya saja, misalnya diparut diberi sedikit air kemudian diperas, sehingga akan mendapatkan sedikit sari dari rempah tersebut.

Namun ada juga yang memilih mencampurkannya dengan makanan, mengingat rempah-rempah tersebut juga sebagai bumbu dapur. Sehingga bukan hanya bermanfaat untuk mendapatkan rasa atau aroma nikmat pada makanan, namun juga memperoleh manfaat sebagai obat suatu penyakit.

Kadar Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya untuk tubuh, karena efeknya bisa ke jantung, stroke, hypertensi dan beberapa penyakit lainnya.

Karenanya kita perlu sering mengontrol kadar kolesterol dalam darah bila usia sudah lanjut. Hal ini untuk menghindari terjadinya lonjakan kadar kolesterol.

Salah satunya dengan rutin mengonsumsi ramuan dari rempah-rempah yang juga sebagai obat herbal. Berikut beberapa rempah yang efektif sebagai penurun kolesterol dilansir dari halodoc.

1. Kunyit

Rempah yang pertama sabagai penurun kolesterol adalah kunyit. Rempah ini sangat mudah ditemukan dalam penyimpanan bumbu dapur. Manfaatnya bukan sekadar sebagai penyedap masakan, kunyit juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan.

Kandungan curcumin di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Curcumin juga dapat mencegah oksidasi, serta menahan penumpukan plak pada arteri. Selain dijadikan bumbu, kamu juga bisa memanfaatkan kunyit sebagai minuman, seperti jamu kunyit asam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan