Disebut Jalani Kontrak BUDAK dengan SM Entertainment, Begini Nasib EXO-CBX Sekarang

JABAR EKSPRES – Gonjang ganjing ditubuh SM Entertainment sepertinya belum juga usai. Paska beberapa artisnya hengkang dari raksasa agensi di Korea Selatan tersebut, kini SM Entertainmen berseteru dengan EXO-CBX.

EXO-CBX dikabarkan mengajukan pembatalan perjanjian kontrak dengan SM ENtertainment yang dianggap tidak wajar hingga disebut sebagai kontrak BUDAK oleh Kuasa Hukumnya.

EXO-CBX yang merupakan sub unit dari grup Idol EXO ini beranggotakan tiga orang yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin, merupakan main vokal di EXO yang berada di bawah naungan SM Entertainment.

Mereka diketahui telah menandatangani kontrak ekslusif dengan SM Entertainment dengan jangka waktu 12-13 tahun, hal ini tidak sesuai dengan aturan di Komisi Perdagangan Republik Korea yang seharusnya kontrak maksimal hanya 7 Tahun.

Kuasa hukum EXO-CBX Lee Jae Hak dalam pernyataan resminya menyebut SM Entertainment telah memanfaatkan para artisnya.

“Ini jauh dari kontrak tujuh tahun yang disetujui undang-undang kontrak standar untuk artis. Kontrak yang panjang ini tidak menguntungkan buat artis karena melebihi batas wajar (peraturan dari Komisi Perdagangan Republik Korea, kontrak terlama adalah 7 tahun),”
Ujarnya.

Baca juga : Lirik Lagu CHEN (EXO) dan Yang Hee Eun – Bloom, dan Artinya

Dia juga mengungkap cara SM Entertainment memanfaatkan para artisnya, yakni dengan berusaha untuk membuat artis mereka menandatangani kontrak panjang dengan durasi hingga 18 tahun.

Tidak cukup disitu, Lee JAe Hak juga menduga dalam kontrak dengan para artisnya, SM sengaja membuat aturan bahwa selama dalam masa kontrak, para artis ini harus memproduksi sejumlah album atau proyek tertentu.

Bila hingga batas akhir kontrak ternyata proyek tersebut belum berjalan maka jangka waktu kontrak akan diperpanjang hingga proyek tersebut terlaksana, tanpa menuliskan berapa lama perpanjangan kontrak tersebut.

Hal ini yang akhirnya Bagi LEE Jae hak, kontrak yang disebut Eksklusif oleh SM entertainment tersebut sesungguhnya malah kontrak perbudakan.

Menanggapi hal tersebut, SM entertainment memberikan klarifikasi tentang status Chen, Baekhyun dan Xiumin yang masih terikat kontrak eksklusif dengan manajemen mereka.

Meski banyak kabar yang beredar di media sosial bahwa Chen Cs sudah mengajukan pembatalan tersebut sejak 1 Juni 2023 lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan