Apa Saja Jenis BBM dan RON? Simak Infonya!

JABAR EKSPRES — Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan bahan bakar yang biasa digunakan untuk kendaraan bermotor dengan dua atau empat roda.

Sebenarnya, BBM juga digunakan untuk jenis kendaraan lainnya seperti pesawat terbang.

Dilansir dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), BBM terdiri dari sembilan jenis, antara lain Aviation Gasoline (Avgas), Aviation Turbine (Avtur), Minyak Tanah (Kerosin), High Speed Diesel, Minyak Diesel, Minyak Bakar, Biodiesel, dan Bensin.

Selanjutnya, RON merupakan kepanjangan dari Research Octane Number. RON menjadi penilaian kualitas BBM berdasarkan tingkat oktan.

BACA JUGA : 3 Aplikasi yang Berbeda dari Pinjam Uang di DANA

Sementara itu, kategori bensin terbagi menjadi tiga berdasarkan nilai RON-nya.

Pertama, RON 88 adalah bensin yang terbentuk dari proses distilasi minyak bumi. Selain itu, memiliki karakteristik warna kuning dari zat pewarna tambahan.

RON 88 biasanya bisa digunakan untuk kendaraan sepeda motor dan mobil.

Kedua, RON 92 merupakan bensin yang cocok untuk kendaraan dengan sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dan Catalytic Converter. Keunggulan dari RON 92, yaitu memiliki nilai oktan yang tinggi dan tanpa timbal.

Ketiga, RON 95 adalah bensin dengan kualitas tertinggi yang sudah memenuhi standar performa Internasional World Wide Fuel Charter (WWFC).

BACA JUGA : Tinggal Ketik Data Diri, Dapat Saldo DANA Gratis Langsung Cair

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan