Usai Gelap Puluhan Tahun, Warga Kampung Tonjong Kini Nikmati Fasilitas Listrik

JABAR EKSPRES – Selama puluhan tahun warga Kampung Tonjong, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hidup dalam kegelapan tanpa listrik.

Selain tanpa adanya aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), hingga saat ini, Kampung Tonjong merupakan wilayah blank spot alias tanpa sinyal jaringan telepon selular.

BACA JUGA: Mau Bikin Foto Malam Hari Jadi Epic? Ini Tips Bagi Pengguna Samsung A54 G

Kampung Tonjong juga merupakan wilayah pelosok yang berbatasan langsung dengan satu kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur.

Selain tak teraliri listrik, akses utama menuju kampung itupun sulit untuk ditempuh. Jalan terjal dipenuhi bebatuan serta lumpur, jalan dengan lebar satu meter itupun disampingnya terdapat jurang.

Masyarakat Kampung Tonjong menanti harapan panjang adanya fasilitas listrik. Akan tetapi, harapan tersebut dari tahun ke tahun hanya sebatas angan.

Namun hari ini, setelah puluhan tahun, akhirnya 8 Kepala Keluarga (KK) bersuka cita karena telah dapat menikmati fasilitas listrik.

“Alhamdulillah sekarang kampung kami akan teraliri listrik. Dari saya sehak kecil memang sudah tak teraliri listrik,” ujar Andri Supriadi (30) salah satu warga Kampung Tonjong saat ditemui, Jumat 2 Juni 2023.

Andri menuturkan, sebelum hari ini akan teraliri listrik, untuk menerangi wilayah kampung ini hanya menggunakan satu KWH secara bersamaan, itupun jaraknya jauh. Agar bisa teraliri listrik, masyarakat Kampung Tonjong iuran membeli kabel listrik yang panjang.

“Satu KWH untuk bersama-sama itu hanya mampu menghidupi lampu saja. Karena kabelnya mahal dan itu membentang kurang lebih 2 kilometer,” ungkapnya.

Kendati begitu, kini, suasana akan berbeda setelah PLN memasang sedikitnya 20 tiang listrik. “Kemarin sudah terpasang semua tiang-tiang listriknya, mudah-mudahan bisa segera teraliri liatrik kampung kami ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangjaya Wahyudin menyebutkan di wilayahnya ada 8 kampung termasuk Tonjong belum teraliri listrik.

“Setelah koordinasi dengan pemerintah dan PLN, alhamdulillah 8 kampung ini akan teraliri listrik. Tiangnya sudah terpasang tinggal proses selanjutnya saja,” katanya.

Dony menuturkan, listrik dari PLN baru bisa masuk hari ini ke wilayah yang tak teraliri listrik karena daerah ini sangat terpencil, selain itu harus melewati jalan terjal dan perkebunan teh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan